Jawa Pos

Restruktur­isasi Dana Pelatnas Tunggu Cabor

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kemenpora mengakui adanya upaya untuk meninjau ulang dana pelatnas. Review itu perlu dilakukan karena Olimpiade Tokyo 2020, sasaran utama pelatnas tahun ini, diundur tahun depan. Terlebih, seluruh anggaran negara saat ini bakal difokuskan untuk menangani pandemi global Covid-19.

Sebelumnya, Kemenpora meneken MoU dengan 11 induk cabang olahraga (cabor). Total dana yang disiapkan bagi 11 cabor proyeksi Olimpiade 2020 tersebut mencapai Rp 85,95 milliar. Sebagian sudah disalurkan dan digunakan untuk membiayai keberangka­tan ke turnamen.

’’Saat ini kami masih memproses opsi-opsi restruktur­isasi program dan anggaran dengan masing-masing cabor,’’ jelas Yayan Rubaeni, pejabat pembuat komitmen (PPK) Peningkata­n Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Menpora, kemarin.

Yayan mengungkap­kan, mekanisme restruktur­isasi dimulai dari cabor. Mereka yang harus mengajukan usulan revisi program dan anggaran. ’’Baru selanjutny­a kami review. Dan, jika usulannya diterima, akan dilakukan adendum atau revisi MoU,’’ jelasnya. Dengan begitu, harapannya, tidak ada yang dirugikan.

Saat ini, belum seluruh cabor mendapat informasi rencana restruktur­isasi dana pelatnas. Namun, mereka yang sudah mendapat informasi segera merancang revisi program dan anggaran. Misalnya cabor menembak. Sekjen PB Perbakin Firtian Yudiswanda­rta menyatakan, pihaknya siap mengajukan usulan perubahan dana pelatnas.

PB Perbakin (induk olahraga menembak) menerima dana pelatnas sebanyak Rp 7,9 milliar. Dana tersebut rencananya digunakan untuk tryout di berbagai kejuaraan, juga training camp dua atlet yang diplot ke Olimpiade. Namun, rencana itu batal terlaksana.

’’Maka itu, usulan kami ke Kemenpora nanti, dana pelatnas tidak hanya diperuntuk­kan buat Olimpiade saja. Tapi, juga sekaligus untuk SEA Games 2021 Vietnam dan Olympic Youth Games 2022 Senegal,’’ ucap Firtian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia