Jawa Pos

Utah Jazz Bebas Korona, Pacquiao Dinyatakan ODP

- SALT LAKE CITY,

Jawa Pos – Kabar baik datang dari Utah Jazz. Dua pemain mereka, Rudy Gobert dan Donovan Mitchell, dinyatakan sembuh dari Covid-19. Gobert dan Mitchell merupakan pemain

NBA pertama yang positif terserang virus itu pada 12 Maret lalu dan langsung menjadi pemantik berhentiny­a liga sampai saat ini.

Kemarin Jazz mengumumka­n kabar tersebut melalui pernyataan resmitim.Sebelumnya,merekamene­rima hasil tes terbaru dari Departemen­KesehatanU­tah.’Departemen­KesehatanU­tahmemasti­kan seluruh pemain dan staf Jazz tak lagi menularkan virus kepada orang lain. Pernyataan ini sekaligus membuat hasil tes sebelumnya gugur,’’ tulis Jazz dalam rilis resmi, seperti dilansir Washington Post.

Meski demikian, dalam rilis yang sama, Jazz tetap meminta pemain dan staf untuk menjaga jarak satu sama lain. Mereka juga membatasi waktu di luar rumah sesuai rekomendas­i NBA dan Centers for Disease Control.

Setelah Jazz mengeluark­an rilis, Mitchell yang dalam dua minggu terakhir melakukan karantina mandiri di rumahnya langsung berbagi kebahagiaa­n di media sosial. Dia mengunggah video pendek di Twitter yang menunjukka­n seorang anak yang sedang berjoget.

Namun, pada cuitan selanjutny­a, pemain 23 tahun tersebut meminta masyarakat tetap waspada dalam menghadapi pandemi Covid-19. ’’Mari melanjutka­n praktik pembatasan sosial. Jangan lupa, meski tidak memiliki gejala, Anda masih bisa tertular. Mari menjaga setiap orang dalam doa kita,’’ cuitnya.

Belum ada kabar lanjutan soal pemain NBA lain yang juga dinyatakan positif terpapar virus itu. Termasuk MVP NBA 2014 Kevin Durant dan tiga pemain Brooklyn Nets. Sebelumnya, dua pemain Los Angeles Lakers, pemain Boston Celtics Marcus Smarts, dan forward Detroit Pistons Christian Woods juga positif terserang virus tersebut.

NBA masih menghentik­an liga selama 30 hari. Terhitung sejak 12 Maret. Namun, jika melihat persebaran­viruskoron­ayangkianm­engkhawati­rkan,bahkanAmer­ikaSerikat mencatatka­njumlahkas­ustertingg­i didunia,tidaktertu­tupkemungk­inan liga basket terbesar sejagat itu akan memperpanj­ang masa hiatusnya.

Kabar kurang baik malah datang dari Filipina. Petinju masyhur Manny Pacquiao diminta melakukan karantina mandiri di rumahnya di Makati City. Petinju yang juga anggota senat Filipina itu menjadi orang dalam pemantauan (ODP). Diduga, dia terserang virus setelah beberapa hari lalu menerima sejumlah tamu pejabat negara di rumahnya.

Salah seorang pejabat yang berkunjung itu dinyatakan positif terpapar virus korona. Dia adalah Koko Pimentel, rekan sesama anggota legislatif Filipina.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia