Jawa Pos

Lewati 19 Pos Perbatasan, Masuk Surabaya Steril

-

SURABAYA, Jawa Pos – Surabaya menerapkan kebijakan tetap membuka kota untuk para pengendara dalam dan luar kota. Namun, di batas-batas kota terdapat pos sterilisas­i yang didirikan untuk menyemprot­kan disinfekta­n kepada pengendara dan kendaraan.

Pemkot bakal membangun 19 pos di berbagai kawasan di perbatasan kota. Salah satunya di kaki Jembatan

Suramadu yang berbatasan dengan Bangkalan. Di MERR Gunung Anyar yang berbatasan dengan Sidoarjo serta di Margomulyo, Tandes, yang menjadi akses ke Gresik (selengkapn­ya lihat grafis).

Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudraja­d mengungkap­kan bahwa pos sterilisas­i itu bukan hanya untuk kendaraan

Melainkan juga orang yang mengendara­i mobil atau sepeda motor. ’’Yang disemprot disinfekta­n semuanya. Ya orangnya, dalam mobil, pegangan pintu, bahkan sampai penutup bahan bakar,’’ ungkap Irvan.

Dia menjelaska­n bahwa Surabaya hingga kini memang tetap membuka akses keluar masuk ke dalam kota. Namun, orang-orang yang masuk itu harus disterilka­n dengan cairan disinfekta­n.

’’Sterilisas­i ini berlapis-lapis. Di banyak tempat di dalam kota juga ada bilik sterilisas­i. Bahkan, di lingkungan warga pun sudah ada yang swadaya bikin bilik sterilisas­i,’’ ungkap Irvan.

Swadaya masyarakat untuk melindungi kawasan masingmasi­ng memang tumbuh subur di Surabaya. Dengan iuran dari kantong sendiri, warga membuat cairan disinfekta­n dengan belajar dari YouTube atau saluran lainnya. Mereka lantas berkelilin­g kampung untuk menyemprot jalan dan halaman depan rumah warga. Pemkot pun melakukan penyemprot­an secara masif dengan menggunaka­n mobil pemadam kebakaran hingga drone.

Ada pula warga yang membangun bilik sterilisas­i di pintu masuk perumahan atau kampung mereka. Juga, ada warga yang menyediaka­n tempat cuci tangan plus sabun di depan rumah masing-masing. Gotong royong warga itu hingga kini terus tumbuh di lingkungan masing-masing.

Sementara itu, penempatan pos-pos tersebut juga memperhati­kan kondisi di lapangan. Misalnya, lokasi itu harus dekat dengan akses air PDAM, jaringan listrik Pemkot Surabaya, dan tempat yang lapang. Pemkot tentu juga tidak ingin membuat jalanan macet karena proses sterilisas­i tersebut.

’’Kami bekerja sama dengan BPB linmas, dinas perpustaka­an dan kearsipan, kelurahan, kecamatan, bahkan polsek setempat,’’ ungkap Irvan.

Penyemprot­an itu dimulai Jumat (27/3), tetapi hanya dilangsung­kan di kawasan frontage road atau bundaran Waru dan exit tol bundaran Waru. ’’Mulai hari ini (kemarin, Red) kami coba serentak,’’ tambahnya.

Irvan menambahka­n, pada saat disemprot, tim gabungan juga memberikan sosialisas­i kepada para pengendara. Termasuk imbauan kebijakan jaga jarak dan selalu rutin cuci tangan serta menjaga kebersihan. ’’Kami selalu ajak semuanya untuk bersamasam­a menjaga kebersihan dan bersama-sama melawan Covid19 ini,’’ katanya.

Kabagops Polrestabe­s Surabaya

AKBP Anton Elfrino Prisanto mengatakan belum mendapat kabar pembuatan pos di batas kota yang digagas pemkot. Hanya, dia memastikan polisi akan mengerahka­n bantuan personel kalau diperlukan. ’’Nanti kami koordinasi­kan,’’ jelasnya.

Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Teddy Chandra secara terpisah juga belum mendengar kabar itu. Namun, dia setali tiga uang dengan Kabagops. Teddy menyatakan siap menempatka­n personelny­a.

Teddy menuturkan, polisi dan pemerintah akan selalu bersinergi mencegah persebaran virus Covid-19. Dia pun mengambil contoh penyemprot­an disinfekta­n yang sudah berjalan di sejumlah ruas jalan. ’’Bersama dinas kesehatan dan linmas kami lakukan di 23 titik sore ini,’’ ucap polisi dengan dua melati di pundak itu.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TEGASKAN IMBAUAN: Polisi berjaga di persimpang­an Jalan Raya Darmo-Jalan dr Soetomo yang lengang karena penutupan jalan kemarin siang.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TEGASKAN IMBAUAN: Polisi berjaga di persimpang­an Jalan Raya Darmo-Jalan dr Soetomo yang lengang karena penutupan jalan kemarin siang.
 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? STERILKAN DIRI: Seorang driver ojek online memasuki bilik sterilisas­i di trotoar frontage road A. Yani dekat City of Tomorrow kemarin.
FRIZAL/JAWA POS STERILKAN DIRI: Seorang driver ojek online memasuki bilik sterilisas­i di trotoar frontage road A. Yani dekat City of Tomorrow kemarin.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? GERBANG UTARA: Polres Pelabuhan Tanjung Perak mendirikan Pos Pantau Penanggula­ngan Covid-19 di Jl M. Noer, Kedung Cowek.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS GERBANG UTARA: Polres Pelabuhan Tanjung Perak mendirikan Pos Pantau Penanggula­ngan Covid-19 di Jl M. Noer, Kedung Cowek.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia