Jawa Pos

Pasang 20 Wastafel untuk Pedagang dan Pembeli

-

SURABAYA, Jawa Pos – Langkah pemerintah dalam mengantisi­pasi persebaran Covid-19 diikuti para pelaku usaha. Misalnya, yang dilakukan Pasar Induk Osowilangu­n Surabaya (PIOS). Manajemen menyiapkan 20 unit wastafel portabel dan 50 botol hand sanitizer untuk para pedagang dan pembeli.

Tempat cuci tangan disebar di dua titik. Yang pertama berada di dekat pintu keluar masuk pasar. Ada 15 unit wastafel. Yang kedua ditempatka­n di dekat lokasi parkir pengunjung. Ada lima unit wastafel yang sudah terpasang lengkap dengan sabun cuci tangannya.

General Manager PIOS Rahayu Trisila menyebut pemasangan wastafel portabel sebagai upaya antisipasi persebaran Covid-19. Sebab, pasar adalah salah satu tempat berkumpuln­ya banyak orang. ’’Kita tidak tahu bagaimana kondisinya saat masuk. Jadi, perlu diantisipa­si,’’ katanya.

Lima unit wastafel memang sengaja ditempatka­n di dekat tempat parkir. Ada spanduk yang memuat imbauan agar pembeli maupun pedagang mencuci tangan sebelum masuk pasar. Dengan begitu, kebersihan diri bisa lebih terjaga.

Begitu pula 15 unit wastafel yang ditempatka­n di dekat pintu keluar. Trisila menjelaska­n bahwa pembeli maupun pedagang yang hendak meninggalk­an pasar bisa lebih dulu membersihk­an tangan di tempat yang disediakan. ’’Jadi, pulang ke rumah masing-masing dalam kondisi bersih,’’ terangnya.

Di dalam pasar yang ditempati 300 pedagang tersebut, sudah disediakan hand sanitizer. Pembeli maupun pedagang bisa memakainya untuk mensterilk­an tangan dari bakteri maupun virus. Cairan yang mengandung 70 persen alkohol itu ditempatka­n di setiap blok pedagang.

Menurut Trisila, tangan menjadi media persebaran paling tinggi. Karena itu, fasilitas untuk membersihk­an tangan juga ditingkatk­an. ’’Kami juga berterima kasih kepada pemkot yang Minggu kemarin menyemprot­kan disinfekta­n ke seluruh lapak pedagang,’’ tuturnya.

Dia memastikan kebersihan lapak para pedagang mendapat perhatian lebih. Ada petugas yang melakukan pengecekan secara berkala. Namun, langkah antisipasi tetap disiapkan karena tidak ada yang mengetahui riwayat orang yang datang untuk belanja maupun berjualan.

Menurut Trisila, protokol pencegahan Covid-19 dari pemerintah harus dijalankan. Itulah salah satu cara mencegah persebaran virus korona. ’’Yang jelas, imbauan dan aturan yang ditetapkan pemerintah harus dipatuhi,’’ tandasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? CEGAH PENULARAN: Pengunjung mencuci tangan di PIOS. Mencuci tangan merupakan salah satu kiat untuk menghambat persebaran Covid-19.
FRIZAL/JAWA POS CEGAH PENULARAN: Pengunjung mencuci tangan di PIOS. Mencuci tangan merupakan salah satu kiat untuk menghambat persebaran Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia