Jawa Pos

Serupa Buttercrea­m, tapi Tak Bisa Dimakan

Bikin ”Kue Tar” dari Plester

-

SURABAYA, Jawa Pos - Ada banyak hal yang bisa dilakukan selama di rumah saja, mengikuti anjuran pemerintah untuk menekan persebaran Covid-19. Agar tak bosan, mengerjaka­n sesuatu sesuai dengan hobi bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Yang gemar membuat craft bisa mencoba yang satu ini.

Topper Happy Birthday ditancapka­n di atas kue tar yang penuh hiasan bunga. Uniknya, bungabunga tersebut tak akan belepotan saat dicolek. Justru, bentuknya keras dan kuat. ”Kue tar” itu merupakan karya Christine Adni Susilowati Prajitno.

Kue tar tersebut sebenarnya terbuat dari styrofoam yang sisisisiny­a sudah dibentuk dan dihaluskan dengan teknik sculpture painting. Christine kemudian melapisiny­a dengan plester untuk menciptaka­n warna yang menyerupai kue tar asli. Kemudian, hiasan bunga bisa ditambahka­n.

C h r i s t i n e dibantu anaknya, C l emir a Euphemie Iverem Jenkins. Ibu dan anak itu menggunaka­n beberapa teknik untuk menghias kue tar palsu. Ada yang dengan plester murni dan piping.

Plester E v gen ia E r mil o v adigunakan untuk bagian samping kue tar. Dengan bantuan plaster knife, plester tersebut ditempelka­n hingga membentuk beragam variasi bunga. ”Memang agak susah. Karena beda cara ambil dan peletakan, hasilnya beda banget,” jelas perempuan yang berdomisil­idiCitraLa­ndtersebut.

Membaurkan warna juga tak bisa main-main. Cara memegang pisau plester juga akan memengaruh­i bentuk bunga. Sementara itu, teknik piping hampir serupa menghias kue tar asli dengan menggunaka­n buttercrea­m. Bedanya, adonan yang dipakai merupakan campuran lem, plester, dan soft clay. ”Jadi, bentuknya akan lebih halus daripada kalau hanya pakai plester,” jelas Christine. Cara pengaplika­siannya juga serupa dengan aplikasi buttercrea­m di atas kue.

Pembuatann­ya membutuhka­n waktu3-4jam.Biasanya,karyamerek­a hanya perlu dibiarkan semalaman untuk mengering hingga keras.”Kalausudah­keras,jatuhpun bunganya tidak akan pecah,” imbuhnya.(dya/c12/nor)

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? KARYA KOLABORASI: Christine Adni Susilowati Prajitno (kanan) dan putrinya, Clemira Euphemie Iverem Jenkins, membuat ”kue tar” dari bahan plester.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS KARYA KOLABORASI: Christine Adni Susilowati Prajitno (kanan) dan putrinya, Clemira Euphemie Iverem Jenkins, membuat ”kue tar” dari bahan plester.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia