Jawa Pos

Pedagang Mulai Pindah Lapak ke Kantor Kelurahan Lama

-

SURABAYA, Jawa Pos – Satu per satu pedagang di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Wiyung pindah ke paseban kantor kelurahan lama. Sebab, ada perbaikan bangunan SWK. Mulai peninggian atap hingga penggantia­n penutup lantai.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Surabaya Widodo Suryantoro mengatakan, pemindahan tersebut berlangsun­g sementara hingga masa renovasi gedung rampung. Kebutuhan lapak telah disiapkan. Termasuk wastafel. Setiap pedagang hanya berpindah tempat. ’’Kegiatan usaha tetap berjalan,’’ katanya.

Selama wabah Covid-19, lanjut dia, mereka juga harus mematuhi protokol yang ada. Misalnya, pembatasan jarak. Posisi meja dan kursi pengunjung diatur 1 meter dengan pengunjung lain. Bukan hanya itu, SWK tidak boleh dijadikan tempat nongkrong untuk sementara waktu.

’’Gak boleh berkerumun terlalu lama,’’ ucapnya.

Untuk mencegah persebaran virus korona, Widodo juga berupaya menyediaka­n masker bagi para pedagang. ’’Beberapa sudah diberikan untuk seluruh SWK. Sebagian lagi belum. Kami akan koordinasi dengan pihak dinas kesehatan,’’ tuturnya.

Kabid Pembanguna­n Gedung DPRKPCKTR Surabaya Iman Krestian menyampaik­an, anggaran perbaikan gedung SWK Wiyung mencapai Rp 1,4 miliar. Atap memang ditinggika­n menjadi 4 meter. Sebagaiman­a laporan atas keluhan pedagang, meski sudah ada 10 kipas angin, udara di sekitar lapak terasa panas.

Bukan hanya itu, lahan parkir juga akan diintegras­ikan dengan kantor Kelurahan Wiyung lama. Kantor tersebut sudah tidak dipakai setelah pelayanann­ya pindah dan menjadi satu dengan kantor kecamatan.

Selama pengerjaan, Iman berharap tidak mengganggu aktivitas pedagang. Karena itu, mereka dialihkan ke kantor Kelurahan Wiyung yang lama. ’’Sudah disiapkan 22 wastafel,’’ tuturnya.

Lurah Wiyung Darmawan menyatakan, lokasi pedagang harus mempunyai jalur pembuangan air limbah yang memadai.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? JAGA KEBERSIHAN: Salah seorang pedagang SWK Wiyung di kantor lama Kelurahan Wiyung.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS JAGA KEBERSIHAN: Salah seorang pedagang SWK Wiyung di kantor lama Kelurahan Wiyung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia