Jawa Pos

Kurang 800 Meter dari TPR hingga Konjen AS

Pemasangan Pipa SPAM Umbulan

-

SURABAYA, Jawa Pos − Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan yang melewati Surabaya Barat terus dikebut. Salah satu titik yang dilewati untuk pemasangan pipa Umbulan adalah di kawasan Taman Puspa Raya (TPR), CitraLand, Kecamatan Sambikerep.

Project Manager PT Meta Adhya Tirta Umbulan Waru-Surabaya Barat Ari Mulyantono menuturkan, yang di TPR telah di-subgrade (dikeraskan kembali) dengan luas sekitar 800 meter. ’’Sebagian sudah dikeraskan atau diaspal,’’ katanya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Meski demikian, pekerjaan rumah (PR) PT Meta di TPR belum selesai. Masih ada pekerjaan lanjutan. Yakni, pemasangan pipa sepanjang TPR menuju depan Konjen AS di Jalan Citra Raya Niaga.

Ari mengatakan, jarak lanjutan TPR ke konjen sekitar 800 meter. Dia optimistis pertengaha­n April pengerjaan tersebut rampung. Meski ada pembatasan hari kerja sebagai imbas maraknya virus Covid-19 sejak pekan lalu. Setiap Minggu pekerja diliburkan.

Lantas, bagaimana dengan titik pemasangan pipa yang lain? Di Kandangan, misalnya. ’’Kandangan mulai diratakan. Di Jalan Sawo, Bringin pun begitu. Tinggal sedikit. Yang di TPR nanti paling panjang,’’ paparnya. ’’Sama belakang Kelurahan Lontar sedikit lagi,’’ tambahnya.

Sementara itu, dari pantauan Jawa Pos, di TPR beberapa pipa berdiamete­r hingga 1,4 meter berada di pinggir jalan. Kemudian, di area yang di-subgrade tampak dua alat berat untuk meratakan tanah.

Jika sudah tuntas seluruhnya, proyek SPAM Umbulan bakal menyediaka­n kapasitas air minum hingga 4.000 liter per detik. Kapasitas itu diperkirak­an cukup untuk mengaliri kebutuhan air 1,3 juta warga Jatim.

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS ?? BELUM RAMPUNG: Proyek pipa SPAM Umbulan di Taman Puspa Raya, CitraLand. Sebagian jalur yang sempat ditutup karena penggalian itu kini telah diaspal.
DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS BELUM RAMPUNG: Proyek pipa SPAM Umbulan di Taman Puspa Raya, CitraLand. Sebagian jalur yang sempat ditutup karena penggalian itu kini telah diaspal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia