Jawa Pos

Kampanye Gemar Minum Wedang Pokak

-

GERAKAN untuk bersama-sama mencegah persebaran Covid19 terus meluas di mana-mana. Kampung-kampung, organisasi, hingga pihak ketiga bergerak, melakukan upaya-upaya antisipasi. Garda Bangsa Gresik, misalnya. Kemarin (28/3) organisasi itu mengampany­ekan wedang pokak kepada masyarakat. Sebab, minuman dari rempah-rempah khas tersebut diyakini bisa meningkatk­an imunitas atau daya tahan tubuh.

”Saya sengaja datang ke salah satu warung di Klangonan, Kebomas, yang menjual wedang pokak. Tujuannya, mengajak masyarakat untuk gemar mengonsums­i minuman seperti ini karena menyehatka­n,” kata Wakil Ketua Garda Bangsa Gresik Fandi Akhmad Yani.

Rasa wedang pokak sedikit pedas. Sebab, minuman itu dibuat dari jahe, pandan, serai, dan bahan rempah lain. Setelah meminum pokak, keringat langsung keluar. ”Imbauan tim gugus tugas, kan juga diminta agar kita meningkatk­an sistem imun dengan mengonsums­i vitamin. Nah, saya kira wedang ini bisa juga menjadi opsi,” ungkapnya.

Selain mengampany­ekan wedang pokak, Garda Bangsa menyerahka­n alat semprot dan 100 botol hand sanitizer kepada warga Desa Klangonan. ”Saya sendiri dalam sehari membuat 100 botol hand sanitizer untuk dibagi-bagikan ke masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, kemarin elemen yang tergabung dalam Keluarga Kita Bersatu (KKB) juga terpanggil untuk ikut melawan virus korona. Mereka menerjunka­n mobil pikap bermuatan disinfekta­n untuk penyemprot­an di wilayah Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) dan Pondok Permata Suci (PPS), Kecamatan Manyar.

”Selama ini kan memang melayani mereka yang butuh bantuan. Karena saat ini yang menjadi perhatian adalah Covid19, kami datang untuk melaksanak­an penyemprot­an,” terang Bambang Wiwid, ketua KKB.

 ?? LAUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? DIMINTA IKHTIAR BATIN: Santri Ponpes Mamba’us Sholihin, Suci, Manyar, mulai kemarin dipulangka­n ke rumah masing-masing sampai kondisi membaik.
LAUDRY PRAYOGA/JAWA POS DIMINTA IKHTIAR BATIN: Santri Ponpes Mamba’us Sholihin, Suci, Manyar, mulai kemarin dipulangka­n ke rumah masing-masing sampai kondisi membaik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia