Jawa Pos

Mei Targetkan Sisi Utara Kertajaya Indah Selesai

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan jalur pedestrian di Jalan Raya Kertajaya Indah belum selesai. Saat ini masih terlihat sisa-sisa proyek di sepanjang jalur pejalan kaki tersebut.

Kabid Perancanga­n dan Pengawasan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Farhan Sanjaya mengakui, pengerjaan belum sepenuhnya rampung. Sebab, pihaknya berfokus pada pengerjaan saluran lebih dulu. ”Jalur pedestrian belakangan. Sebab, masuk musim hujan saat itu,” katanya kemarin (28/3).

Berdasar catatan, pengerjaan saluran sepanjang 200 meter tersebut dimulai Oktober 2019. Farhan menyebutka­n, ada dua proyek pengerjaan sekaligus. Yakni, perbaikan drainase dan pembuatan jalur pedestrian. Drainase rampung Januari 2020. ”Untuk jalur pedestrian, kami kerjakan lagi April. Kalau pengerjaan tidak selesai, tidak bagus,” tambahnya.

Saat ini rekanan telah mengukur ulang jalur tersebut. Tujuannya, memastikan jalur pedestrian yang hendak digarap. ”Setelah itu, dilakukan penyempurn­aan proyek. Yakni, memoles jalur pedestrian agar lebih cantik,” katanya.

Dia menyatakan, seharusnya proyek selesai Mei. Namun, dia tak mau sesumbar. Perlu ada evaluasi dari setiap pengerjaan yang dilakukan tim pelaksana. Apalagi, saat ini pekerja dan kontraktor dihadapkan dengan mewabahnya Covid-19. ”Intinya, sudah kami mulai. Sudah diberi target. Mudah-mudahan tidak meleset,” katanya.

Farhan menuturkan, di sepanjang jalur pedestrian itu, nanti juga ditanami pepohonan. Jenisnya tanaman pelindung seperti tabebuya. ”Jalur itu terhubung ke Gedung Koni. Juga ke rumah warga. Sehingga, bisa melindungi dari terik matahari yang menyengat. Khususnya bagi pejalan kaki,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia