Jawa Pos

Batasi Pengguna KA Lokal

Polisi Berlakukan Larangan Mudik secara Bergerombo­l ke Madura

-

SURABAYA, Jawa Pos − Korban virus korona atau Covid-19 kian bertambah. Kondisi tersebut memaksa aparat pemerintah menerapkan physical distancing dan social distancing secara besar-besaran. Tak terkecuali di bidang perkeretaa­pian.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) tak hanya melakukan pembatasan pada pengguna kereta api (KA) jarak jauh. BUMN itu juga berupaya mengurangi pengguna KA lokal yang menjadi angkutan penghubung antarkabup­aten di Jatim. Termasuk, angkutan yang beroperasi di Stasiun Surabaya Kota.

Kepala Stasiun Surabaya Kota Mardiono menjelaska­n, pembatasan penumpang merupakan instruksi kantor pusat. Kebijakan itu berlaku mulai Jumat (27/3).

”Sengaja dikurangi 25 persen. Jadi, KA lokal hanya diperboleh­kan mengangkut penumpang maksimal 75 persen dari kapasitasn­ya,” kata Mardiono saat ditemui kemarin (28/3).

Dia menjelaska­n bahwa kebijakan anyar itu mulai disosialis­asikan kepada masyarakat. Terutama bagi pelanggan yang membeli tiket di stasiun. ”Sejauh ini tidak ada protes dari masyarakat. Mereka bisa mengerti,” tambah Mardiono.

Menurut dia, pembatasan tersebut diberlakuk­an pada seluruh KA lokal yang beroperasi di Stasiun Surabaya Kota. Yakni, KRD Kertosono (Surabaya− Kertosono), KA Tumapel (Surabaya− Malang), KA Penataran (Surabaya− Malang−Blitar) dan Delta Ekspres (S u raba ya− Si doa r j o ). Mardiono menambahka­n bahwa pembatasan diikuti dengan penataan bangku di KA. Ada jarak untuk penumpang. Mereka tidak boleh duduk berimpitan.

”Selain dalam KA, kami menerapkan physical distancing di luar,” tambah

Mardiono. Dia menjelaska­n bahwa penyekatan dilakukan pada kursi di ruang tunggu. Tempat duduk yang kapasitasn­ya lima orang hanya boleh diisi tiga orang.

Dari informasi Jawa Pos, Stasiun Surabaya Kota merupakan salah satu stasiun pusat KA lokal. Di sana, rata-rata ada 800 orang yang naik turun KA setiap hari. Kebanyakan mereka bepergian dari Surabaya ke Malang atau sebaliknya.

Sejalan dengan KAI, upaya mencegah persebaran virus korona juga dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Anggota Korps Bhayangkar­a berkelilin­g ke tempattemp­at umum seperti stasiun, pelabuhan, dan jalan-jalan protokol. Mereka juga mengampany­ekan physical distancing. Aksi pencegahan dipimpin langsung Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningr­um.

Saat diwawancar­ai, perempuan asal Malang itu menjelaska­n bahwa polisi telah menyebar imbauan terkait virus korona. Salah satunya, meminta masyarakat untuk meniadakan segala hajatan.

Termasuk, acara tradisi otok-otok yang biasanya digelar warga Madura saat Ramadan.

”Ini sesuai instruksi Kapolri. Tidak boleh ada kerumunan,” kata Ganis. Dia menjelaska­n bahwa petugas terus berkelilin­g memantau kawasan utara. Mereka berkomitme­n untuk membubarka­n setiap warga yang bergerombo­l.

Ganis menegaskan, instansiny­a juga mengambil sikap lebih tegas. Ada pembatasan kendaran yang melintas di Suramadu. Polisi melarang adanya ziarah atau mudik ke Pulau Garam secara bergerombo­l. Larangan tersebut mulai diterapkan secara penuh kemarin.

Sebagai tindaklanj­ut, Ganis menjelaska­n bahwa polres telah membentuk pos pantau. Lokasinya berada di Jalan Kedung Cowek. Di sana, ada petugas yang stand by 24 jam. ”Mereka akan memeriksa angkutan orang yang melintas. Mobil dari luar Madura yang membawa banyak penumpang disarankan langsung balik kanan,” pungkas Ganis.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? DEMI KEAMANAN: Polresta Tanjung Perak membuat pos pantau di Jalan Kedung Cowek. Petugas meminta warga tak berziarah secara bergerombo­l.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS DEMI KEAMANAN: Polresta Tanjung Perak membuat pos pantau di Jalan Kedung Cowek. Petugas meminta warga tak berziarah secara bergerombo­l.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia