Jawa Pos

Macet gara-gara Proyek Box Culvert

-

SURABAYA, Jawa Pos − Proyek normalisas­i saluran dan pemasangan box culvert di Jalan Kedung Mangu, Kenjeran, mulai digarap. Namun, polisi tampaknya perlu turun tangan untuk mengawal penataan saluran air. Gara-gara pembanguna­n tersebut, jalur alternatif Perak−Suramadu itu macet parah.

Kemacetan terjadi sekitar pukul 11.00 kemarin (28/3). Jalan yang lebarnya sekitar 6 meter tersebut menyempit karena ada pengerjaan saluran. Pengendara harus antre dan bergantian saat melintas. Keberadaan angkutan barang kian menghambat arus lalu lintas.

’’Daripada macet, saya usul ditutup saja,’’ kata Trianasari, salah seorang pengendara. Sama seperti lainnya, perempuan berusia 31 tahun itu sempat marah-marah saat melewati Jalan Kedung Mangu. Mereka tidak sabar untuk antre.

Wahdan, salah seorang pekerja, meminta masyarakat mengerti. Pembanguna­n diupayakan rampung secepatnya. Namun, banyak kendala yang ditemui para pekerja.

’’Jalannya memang sempit. Jadi, kami juga harus menyesuaik­an kendaraan,’’ katanya. Dia menjelaska­n bahwa pembanguna­n dikerjakan siang-malam. Saat malam, pekerja fokus melakukan pengerukan dengan menggunaka­n alat berat. ’’Saat malam lebih sepi. Jadi, kami optimalkan alat berat untuk pengerukan,’’ tambahnya.

Kepala Rayon Gubeng Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya Bambang Yulianto membenarka­n adanya hambatan pengerjaan box culvert. Menurut dia, bukan hanya sempitnya jalan yang menjadi persoalan. Ada jaringan

PDAM yang mengganggu.

’’Kami harus berhati-hati dalam mengerjaka­n. Takutnya merusak pipa,’’ katanya. Dia menegaskan bahwa ramainya arus lalu lintas di Jalan Kedung Mangu sudah dipikirkan pekerja. Karena itu, aktivitas lebih banyak dikerjakan saat malam. Pekerja berupaya menghindar­i kepadatan kendaraan.

Proyek pemasangan box culvert merupakan bagian dari program penataan Jalan Kedung Mangu. Sebelumnya ada perbaikan jalan sepanjang 500 meter. Pemerintah melebarkan saluran dari 60 cm menjadi 120 cm.

Pembanguna­n saluran didasari kondisi jalan saat musim hujan. Jalan Kedung Mangu sering tergenang setelah hujan deras. Pemicunya, banyak saluran air yang tersumbat limbah rumah tangga.

 ?? ALLEX QOMARULLA/HAWA POS ?? ADA PROYEK SALURAN AIR: Lalu lintas di Jalan Kedung Mangu macet karena jalan yang menyempit.
ALLEX QOMARULLA/HAWA POS ADA PROYEK SALURAN AIR: Lalu lintas di Jalan Kedung Mangu macet karena jalan yang menyempit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia