Jawa Pos

DB Bisa Perburuk Pasien Covid-19

-

JAKARTA, Jawa Pos – Di musim pandemi Covid-19, pencegahan terhadap penyakit demam berdarah (DB) harus ditingkatk­an. Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban SpPD menyatakan pernah memiliki pasien DB. Trombositn­ya rendah. Perawatan yang diberikan adalah untuk pasien DB. ”Setelah dua minggu pulang dalam kondisi sesak napas,” ujarnya.

Pasien tersebut menunjukka­n gejala menderita Covid-19. Dia dibawa lagi ke rumah sakit dan langsung masuk ICU. Zubairi mengatakan bahwa DB bisa menjadi komorbid bagi pasien Covid-19. Artinya, DB bisa memperburu­k kondisi pasien.

Namun, di sisi lain, sempat ada laporan bahwa gejala Covid-19 dan DB mirip. Kejadian tersebut dilaporkan di Tiongkok. ”Salah satunya ditunjukka­n dari trombosit rendah,” ungkapnya.

Trombosit rendah bukanlah salah satu indikator seseorang terkena DB. Namun, pemeriksaa­n itu bisa menjadi salah satu tanda yang patut diwaspadai tenaga medis. Ketika gejala tersebut mirip, terang Zubairi, sebenarnya ada perawatan yang berbeda. Misalnya, pada pasien DB tanpa Covid, pengobatan­nya adalah memberikan infus atau cairan.

Sementara pada pasien Covid-19, jika kebanyakan cairan, bisa berakibat sesak napas. Karena memengaruh­i jalan napasnya, terutama pada paru-paru. Zubairi menambahka­n bahwa komorbid lain untuk Covid-19 beragam. Contohnya hipertensi, jantung, stroke, dan diabetes.

Sebelumnya Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa DB bisa mengintai saat musim pancaroba seperti sekarang. Terinfeksi Covid-19 dan DB secara bersamaan bisa memperburu­k keadaan. ”Akan menyulitka­n, akan menambah jumlah kesakitan, dan tidak menutup kemungkina­n menambah kematian,” terangnya. form home),

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? BERANTAS NYAMUK: Petugas melakukan fogging di Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin (4/5).
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS BERANTAS NYAMUK: Petugas melakukan fogging di Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin (4/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia