Jawa Pos

Hitung Kerugian Negara, Penyidik Mengecek Fisik Bangunan

-

GRESIK, Jawa Pos - Dugaan korupsi penggunaan anggaran di Kecamatan Duduksampe­yan terus didalami Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Kemarin (4/5) tim penyidik seksi pidana khusus (pidsus) kejari mengecek fisik bangunan yang dibiayai APBD Gresik tahun anggaran 2017-2019.

Pengecekan fisik bangunan untuk menghitung kerugian negara itu dilakukan dengan mengganden­g tim dari Inspektora­t serta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik. Ada tiga objek yang dicek fisik. Yakni, pembanguna­n taman dengan dana Rp 75 juta, pembanguna­n lobi tempat pelayanan perizinan, dan perbaikan kanopi.

Pengecekan fisik yang dipimpin Kasipidsus Kejari Gresik Dymas Adji Wibowo tersebut berakhir sekitar pukul 12.00. ”Kami mendatangk­an langsung tim ahli dari inspektora­t dan PU untuk melakukan cek fisik bangunan,” ujar Dymas kemarin.

Kejaksaan tidak mau gegabah dalam penyidikan dugaan penyalahgu­naan anggaran di Kecamatan Duduksampe­yan itu. Pembanguan taman di depan kantor Kecamatan Duduksampe­yan dilaporkan menelan anggaran Rp 75 juta. Namun, dalam proses pembanguna­n taman, penyidik mengantong­i bukti bahwa ada pihak ketiga yang membantu proyek itu. ”Pihak ketiga itu ada dari desa dan juga pengusaha. Itu akan kami jadikan alat bukti dalam penyidikan,” ujarnya.

Dymas berharap dalam waktu dekat besaran kerugian negara segera diketahui sehingga penyidik bisa melakukan tindakan lanjutan, yakni menetapkan tersangka. ”Masih dihitung, semoga dalam waktu dekat kerugian negara segera diketahui,” ucap dia.

Seperti diketahui, kejari mengusut dugaan korupsi dana APBD tahun anggaran 2017-2019 di Kecamatan Duduksampe­yan. Penyidik telah meminta keterangan beberapa saksi.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? PENGUSUTAN: Tim dari kejari, inspektora­t, dan DPUTR Gresik mengecek fisik bangunan di kantor Kecamatan Duduksampe­yan kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS PENGUSUTAN: Tim dari kejari, inspektora­t, dan DPUTR Gresik mengecek fisik bangunan di kantor Kecamatan Duduksampe­yan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia