Jawa Pos

Deteksi Covid-19 dengan Layanan Drive-thru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Demi mencegah persebaran Covid-19, RS Premier Surabaya membuka posko pemeriksaa­n Covid-19 dengan tes swab PCR. Metode pelaksanaa­nnya menggunaka­n drive-thru dan cubicle. Masyarakat datang ke rumah sakit, lantas melakukan pendaftara­n untuk tes.

Manajer Marketing RS Premier Surabaya Susmardiat­no menyatakan, pemeriksaa­n swab itu dilakukan pukul 07.30–13.00. ’’Setiap hari kami menargetka­n bisa memeriksa 250 orang dari berbagai kalangan,’’ katanya kemarin (4/5).

Hasil pemeriksaa­n baru bisa diketahui 1–3 hari setelah tanggal pemeriksaa­n. Itu juga bergantung pada urgensinya. Pasien yang hendak melakukan operasi tapi harus menjalani tes Covid-19 didahuluka­n. ’’Sehingga rumah sakit bisa tahu penanganan pasien seperti apa,’’ ujar pria yang akrab dipanggil Sus tersebut.

Pemeriksaa­n swab itu, lanjut Sus, menjadi standar dalam mendiagnos­is Covid-19. Dengan begitu, penanganan dan perawatan pasien lebih cepat.

Pasien yang positif akan mendapat penanganan lebih lanjut lewat validasi tes dengan laboratori­um yang ditunjuk dinas kesehatan. Dengan demikian, prosedur sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Manajer Operasiona­l RS Premier Surabaya Octdy Hendrawan menuturkan, pemeriksaa­n swab mulai berjalan Kamis (30/4). Setiap hari rumah sakit melayani ratarata 50 orang. ’’Seperti hari ini (kemarin), ada 50 orang yang kami tangani. Hasilnya menunggu waktu,’’ katanya.

Jadwal pemeriksaa­n buka setiap hari, kecuali Minggu dan libur nasional. Octdy menerangka­n, pencegahan harus dilakukan sejak dini mengingat persebaran Covid19 tidak terlihat secara kasatmata. ’’Banyak cara yang bisa dilakukan. Jika rapid test tidak mempan, harus pemeriksaa­n swab. Sebab, lebih akurat. Oleh karena itu, pihak RS menyediaka­n layanan pemeriksaa­n swab dengan menggunaka­n metode drive-thru dan cubicle,’’ paparnya.

 ??  ?? TUNGGU HASIL TIGA HARI: Tenaga medis setelah memeriksa warga yang menjalani tes swab dengan sistem drive-thru di RS Premier kemarin.
TUNGGU HASIL TIGA HARI: Tenaga medis setelah memeriksa warga yang menjalani tes swab dengan sistem drive-thru di RS Premier kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia