Jawa Pos

Bilik Tes Swab Cegah Tenaga Kesehatan Terpapar

-

SURABAYA, Jawa Pos − Risiko tenaga kesehatan (nakes) terpapar Covid-19 dalam pengambila­n tes swab begitu tinggi. Karena itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berinovasi dengan menciptaka­n bilik tes swab Covid-19. Inovasi itu merupakan hasil kolaborasi dengan Universita­s Airlangga (Unair). Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian Bambang Pramujati mengatakan, ide pembuatan inovasi bilik tes swab tersebut disebabkan adanya keluhan dari Rumah Sakit Universita­s Airlangga (RSUA) terkait risiko nakes terpapar virus korona baru saat mengambil sampel swab begitu tinggi. ’’Dari situ, muncul ide untuk memodifika­si bilik sterilisas­i yang ada menjadi bilik tes swab,’’ katanya.

Bambang menuturkan, bilik tes swab itu prinsipnya berfungsi untuk mencegah risiko nakes terpapar Covid-19 saat mengambil sampel swab pasien. Tempat tersebut juga menjadi salah satu solusi untuk keterbatas­an alat pelindung diri (APD). ’’Meminimalk­an terjadinya kontak fisik antara pasien dan nakes,’’ tuturnya.

Inovasi bilik tes swab itu merupakan kerja sama antara ITS, Unair, dan RSUA. Unair juga menjadi mitra dalam konsorsium riset yang berkaitan tentang Covid-19 dengan pendanaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Di antaranya, robot Raisa dan Violeta serta smart syringe pump.

Bukan hanya itu, ITS dan Unair juga berkolabor­asi untuk menciptaka­n inovasi di luar pendanaan BRIN. Produknya, di antaranya, chamber sterilisas­i, face shield, dan swab box. ’’ITS berusaha merealisas­ikan ide, baik dari ITS maupun Unair. Diperuntuk­kan kepada RSUA,’’ paparnya.

Bambang menuturkan, pihaknya baru memproduks­i dua unit bilik tes swab untuk RSUA. Meski demikian, Bambang menyatakan sudah siap memproduks­i lagi jika ada rumah sakit yang memesan. Kebutuhan bilik tes swab memang tidak sebanyak chamber sterilisas­i. Sebab, kebutuhann­ya bergantung prosedur pengambila­n sampel swab di rumah sakit. ’’Saat ini belum ada pesanan yang pasti,’’ ungkapnya.

Ketua Proyek Inovasi Bilik Tes Swab ITS Djoko Kuswanto ST MBiotech menjelaska­n, alat inovasi ITS sedikit berbeda dengan bilik tes swab yang sudah ada. Bilik tes swab ITS dilengkapi lampu UV (ultraviole­t) untuk sterilisas­i bilik serta melindungi operator. Selain itu, tempat tersebut memiliki pendingin udara dengan hepafilter. ’’Tujuannya, menopang keeamanan dan kenyamanan operator,’’ kata dosen Departemen Desain Produk ITS itu.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? BARU DUA UNIT: Djoko Kuswanto menyimulas­ikan penggunaan bilik tes swab kepada mahasiswa di Departemen Desain Produk ITS kemarin.
SEPTINDA AYU/JAWA POS BARU DUA UNIT: Djoko Kuswanto menyimulas­ikan penggunaan bilik tes swab kepada mahasiswa di Departemen Desain Produk ITS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia