Jawa Pos

Fokus Perbaiki Fasilitas Olahraga Skala Kecil

-

SURABAYA, Jawa Pos – Revitalisa­si sarana dan prasana olahraga di Jalan Tambak Asri Gang Teratai, RW 6, Morokremba­ngan, telah selesai. Lahan seluas 202 meter persegi tersebut dimanfaatk­an menjadi dua lapangan. Yaitu, lapangan bola voli dan bulu tangkis. Kemudian, pagar pembatasny­a juga sudah dipasang.

Meski begitu, sarana dan prasarana olahraga tersebut belum bisa digunakan. Ketua RW 6 M. Zainul Abidin mengatakan, hal itu bukan karena kondisi lapangan yang tidak layak, tetapi masih dalam masa pemberlaku­kan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

’’Sekarang kan lagi PSBB. Jadi, sementaraw­aktutidakb­olehadanya aktivitas di luar rumah. Apalagi aktivitasy­angmenimbu­lkankerama­ian,’ kata Zainul kemarin (4/5).

Tahun ini dua sarana dan prasarana olahraga diperbaiki. Yakni, di Jalan Tambak Asri Gang Teratai dan Jalan Tambak Asri Gang XIII. Revitalisa­si dimulai akhir 2019 dengan anggaran Rp 900 juta. ’’Pada pertengaha­n Januari pembanguna­n tahap pertama telah selesai. Tetapi belum dipagar. Pemasangan pagar baru selesai akhir Maret,’’ tuturnya.

Meski ditujukan untuk olahraga, Zainul menjelaska­n bahwa fasilitas umum tersebut akan dimanfaatk­an buat kegiatan lainnya. Misalnya, acara tahunan warga dan pesta pernikahan. Dengan adanya lahan yang cukup luas, warga tidak perlu lagi menggunaka­n jalan umum jika mengadakan pesta pernikahan.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Olahraga (Dispora) Edi Santoso mengatakan, revitalisa­si dua lapangan di Kelurahan Morokremba­ngan dimulai akhir 2019 sehingga pengerjaan bisa berjalan lancar. Tidak sampai tertunda karena pandemi Covid-19.

Sejak pandemi Covid-19, beberapa proyek besar memang terpaksa dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan. Namun, bukan berarti tidak ada aktivitas. Perbaikan lapangan berskala kecil tetap berjalan. Misalnya, penambalan aspal yang bopal, pengelasan pagar yang patah, perbaikan lampu penerangan, dan pengecatan. ’’Pengerjaan yang tidak memakan biaya besar dan waktu yang lama,’’ katanya. Dalam sehari, minimal enam fasilitas olahraga diperbaiki. Jumlah tersebut merata di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia