Jawa Pos

Hafiz Bisa Daftar Jalur Prestasi Lomba

Nilai Setara Juara I Lomba Internasio­nal, Terbaru dalam PPDB SMA Tahun Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos − Para peserta yang mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA mulai bisa menyiapkan berbagai persyarata­n yang diperlukan. Saat pendaftara­n tahap I jalur afirmasi, perpindaha­n tugas orang tua, dan prestasi lomba dibuka, mereka tinggal mengunggah bukti-bukti pendukung yang diperlukan.

Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi menjelaska­n, buat jalur afirmasi, salah satunya ditujukan untuk anak buruh. Bukti yang bisa dilampirka­n berupa surat atau kartu tanda keanggotaa­n asosiasi buruh. Begitu pula dengan peserta dari luar kota yang tinggal di Surabaya karena mengikuti perpindaha­n tugas kerja orang tuanya. Mereka bisa memanfaatk­an jalur perpindaha­n tugas yang diberi porsi 5 persen. Caranya, mengunggah bukti yang berkaitan dengan perpindaha­n tersebut.

Tahun ini Dispendik Jatim memberikan pembobotan nilai yang berbeda untuk siswa yang merupakan hafiz atau penghafal Alquran. ’’Mereka bisa masuk jalur prestasi lomba. Bobot nilainya setara dengan juara I lomba bidang apa pun di tingkat internasio­nal,’’ ujarnya kemarin (4/5).

Wahid menjelaska­n, salah satu pertimbang­an pembobotan itu berdasar riwayat sebuah hadis. Yang menyatakan bahwa hafiz merupakan orang yang dinilai memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Meski begitu, siswa yang hafal di bawah 30 juz juga tetap diberi skor. Hal serupa berlaku untuk siswa penghafal kitab suci lain. ’’Tentu harus disertai bukti yang valid dan resmi. Yang dikeluarka­n lembaga keagamaan yang kompeten, legal, dan diakui keberadaan­nya oleh negara,’’ katanya.

Wahid menambahka­n, setiap prestasi lomba bidang olahraga maupun akademik akan dinilai sesuai dengan level lombanya. Semakin tinggi levelnya, skor yang diberikan juga lebih tinggi. ’’Misalnya, juara I tingkat kabupaten kota itu skornya 4. Juara III tingkat provinsi nilainya bisa sampai 8,’’ ungkap mantan Kadis Perhubunga­n dan LLAJ Jatim tersebut.

Sementara itu, pada tahap II pendaftara­n PPDB SMA, yakni jalur zonasi dan prestasi akademik, hasil rerata nilai rapor dibuka setelah selesai pengumuman tahap I. Wahid kembali menjelaska­n bahwa pada jalur zonasi peserta bisa memilih tiga sekolah. ’’Dengan ketentuan, ketiganya berada di dalam zona. Atau dua sekolah di dalam zona dan satu sekolah di luar zona (untuk siswa yang tinggal di kabupaten/kota yang berimpitan),’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia