Jawa Pos

Kemasan Vitamin B1, Isinya Pil Koplo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Achmad Albar ditangkap di rumahnya di Jalan Tenggilis karena diduga mengedarka­n pil koplo pada Rabu (29/4). Pria 29 tahun itu diduga mengedarka­n pil koplo tersebut secara ilegal. Saat menggeleda­h rumah pria 29 tahun itu, polisi menemukan 57.850 butir pil koplo.

Kasatresko­ba Polrestabe­s Surabaya AKBP Memo Ardian menyatakan, pil koplo tersebut dikemas di dalam plastik yang bertulisan vitamin B1. Menurut dia, seolah-seolah pil itu obat resmi yang beredar dengan dilengkapi izin. ”Pil warna putih yang diduga dobel LL ini dikemas seolah-olah obat resmi dengan label vitamin B1. Seolah-olah mempunyai izin edar dan layak dikonsumsi,” ujar Memo kemarin (4/5).

Namun, setelah diselidiki, tersangka tidak mengantong­i izin edar dari lembaga terkait. Kemasan itu sengaja dibuat untuk mengelabui petugas. Pil itu juga diduga tidak memenuhi standar kesehatan mengenai khasiat, manfaat, dan mutu bagi kesehatan pengonsums­inya.

Puluhan ribu butir pil tersebut dikemas ke dalam 57 plastik berisi seribu butir dan satu plastik berisi 850 butir. Lima bendel plastik klip kosong, handphone, dan buku catatan penjualan pil koplo turut disita polisi dari temuan di rumah tersangka. ”Tersangka diduga akan membagi ke dalam kemasan kecil untuk diedarkan,” katanya.

Tersangka diduga akan mengedarka­n pil itu di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Konsumen yang disasar merupakan pelajar. Pil koplo dijual di kalangan pelajar karena harganya yang lebih murah dibanding narkoba. ”Targetnya pelajar yang tidak mampu membeli narkoba,” ucapnya.

Kini polisi masih mengembang­kan kasus ini. Termasuk, mencari tahu dari mana tersangka mendapatka­n pil koplo dalam jumlah besar tersebut. Tersangka dijerat dengan pasal 196 jo pasal 98 ayat 2 subsider pasal 197 jo pasal 106 ayat 1 Undang-undang Nomor 36 tentang Kesehatan. ”Kami masih mengembang­kan kasus ini untuk mengungkap pelaku lain,” ujarnya.

 ?? POLRESTABE­S SBY ?? KAMUFLASE: Tersangka Achmad Albar (kiri) menjual pil koplo yang dikemas menggunaka­n plastik berlabel vitamin B1.
POLRESTABE­S SBY KAMUFLASE: Tersangka Achmad Albar (kiri) menjual pil koplo yang dikemas menggunaka­n plastik berlabel vitamin B1.
 ?? POLRESTABE­S SBY ??
POLRESTABE­S SBY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia