Jawa Pos

Lukisan Monggo Jamune Terinspira­si dari Pandemi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di tengah situasi pandemi Covid-19, para penggiat seni terus berkarya. Situasi yang tengah dihadapi saat ini memunculka­n inspirasi. Salah satunya bagi seniman lukis Susy Zackia. Dia tengah menyelesai­kan karya terbarunya berjudul Monggo Jamune. Lukisan itu berupa seorang perempuan penjual jamu gendong. Dia tersenyum menoleh ke belakang dengan beberapa botol jamu tradisiona­l di punggungny­a. Suzy menuangkan­nya dalam gaya lukisan realis kontempore­r. Ada beragam warna yang dibaurkan. ’’Sekarang ini empon-empon naik pamor, banyak dicari di tengah pandemi,’’ tuturnya saat ditemui di studionya di kawasan Petemon.

Penjual jamu gendong dipilih sebagai objek karena menyimbolk­an tradisi. ’’Dari situ saya ingin menyampaik­an bahwa tradisi juga perlu dilestarik­an. Saya pun terbiasa minum jamu jauh sebelum pandemi korona,’’ kata perempuan 47 tahun itu.

Sebelumnya, Susy juga kerap melukis objek yang berkaitan dengan tradisi dan budaya. Misalnya, aktivitas bercocok tanam di sawah. Salah satunya dituangkan dalam lukisan seorang petani yang sedang memetik sayur-mayur di sawah.

Petani perempuan yang sudah terlihat renta itu mengenakan busana kebaya tradisiona­l. ’’Itu terinspira­si dari tetangga saya di desa. Lukisan itu juga salah satu yang paling berkesan buat saya saat pertama belajar melukis gaya realis,’’ tambahnya.

Lukisan-lukisan tersebut rencananya dipamerkan setelah pandemi berakhir. Saat ini dia hanya fokus mengeluark­an beberapa karya terbaru. ’’Di rumah saja harus tetap produktif. Sebagai seniman juga wajib menyampaik­an hal-hal positif melalui karya,’’ ungkapnya.

Susy juga kerap mengunggah karyanya lewat media sosial. Misalnya, Facebook dan Instagram. Menurut dia, hal itu efektif untuk mengenalka­n karyanya kepada penikmat seni di luar. ’’Apalagi pada masa pandemi seperti ini, banyak acara yang tertunda,” ungkapnya. Tak jarang dia mendapat banyak apresiasi dari penikmat seni, baik dalam maupun luar negeri.

Sekarang ini emponempon naik pamor, banyak dicari di tengah pandemi.’’ Susy Zackia Seniman Lukis

 ?? SUSY ZACKIA FOR JAWA POS ?? LESTARIKAN TRADISI: Susy Zackia tengah menyelesai­kan lukisan bertajuk Monggo Jamune di studionya. Dia berencana menggelar pameran setelah pandemi berakhir. Saat ini dia mengerjaka­n beberapa karya.
SUSY ZACKIA FOR JAWA POS LESTARIKAN TRADISI: Susy Zackia tengah menyelesai­kan lukisan bertajuk Monggo Jamune di studionya. Dia berencana menggelar pameran setelah pandemi berakhir. Saat ini dia mengerjaka­n beberapa karya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia