Jawa Pos

Lifter Pelatnas Boleh Terjun di PON asal…

-

JAKARTA, Jawa Pos – PB PABBSI memberikan kesempatan bagi lifter pelatnas untuk bisa mengejar prestasi sebanyakba­nyaknya tahun depan. Selain Olimpiade Tokyo, Eko Yuli Irawan dkk tetap bisa turun dalam dua event yang levelnya lebih rendah. Yakni, PON XX/2020 Papua dan SEA Games Hanoi 2021.

Meski jarak antara PON dan SEA Games cukup dekat, para pelatih tidak terlalu khawatir. Manajer Pelatnas Alamsyah Wijaya menyatakan, hal itu berdasar tipe olahraga angkat besi yang tidak membutuhka­n endurance signifikan.

Karena itu, tidak ada problem kalau lifter tampil dalam banyak kejuaraan.

’’Tidak masalah karena yang diutamakan di angkat besi itu eksplosivi­tas atau daya ledaknya. Bagi lifter, mencapai hal itu tidak membutuhka­n waktu yang lama,’’ papar Alamsyah. ’’Dengan quick recovery pun masih oke,’’ imbuh dia.

Alamsyah menambahka­n, dengan adanya PON, para lifter mendapat kesempatan untuk bisa berkontrib­usi kepada daerah. Sebab, sebelum masuk ke pelatnas, mereka dibina daerah. Eko, misalnya, membela Jawa Timur sejak PON 2016. Lifter senior lain, Triyatno, membela Kalimantan Timur.

Lalu, dari level remaja, ada Rahmat Erwin Abdullah yang merupakan putra daerah Sulsel. Juga Muhammad Faathir yang berasal dari Kalimantan Timur.

’’Itu (kontribusi kepada daerah, Red) tidak bisa diganggu gugat ya. Toh, atletnya (pelatnas) juga cuma sedikit,’’ kata Alamsyah. ’’Yang main di PON dan SEA Games paling cuma sekitar lima orang. Apalagi yang Olimpiade malah lebih sedikit,’’ tambahnya. Ya, yang diproyeksi­kan ke Olimpiade hanya Eko Yuli dan Windy Cantika

Aisah, lifter Jawa Barat.

Meski begitu, para pelatih pelatnas mengimbau lifter untuk menjaga kondisi. Pada SEA Games 2019, skuad angkat besi menjadi juara umum dengan 4 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. Semua lifter yang terjun mendapat medali. PABBSI ingin capaian gemilang itu dipertahan­kan di SEA Games 2021.

’’Kami di pelatnas selalu menjaga mereka dengan sistem recovery yang baik. Untuk itu, perlu pintar-pintar mengatur program untuk mencapai peak performanc­e. Supaya hasilnya bisa maksimal,’’ tutur Alamsyah. (gil/c19/na)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JAGA PEAK PERFORMANC­E: Rahmat Erwin Abdullah adalah salah seorang lifter muda yang tahun depan diproyeksi­kan terjun di PON Papua sekaligus SEA Games 2021.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JAGA PEAK PERFORMANC­E: Rahmat Erwin Abdullah adalah salah seorang lifter muda yang tahun depan diproyeksi­kan terjun di PON Papua sekaligus SEA Games 2021.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia