Jawa Pos

Dari Art Jamming, Muncul Ide Bikin Buku

Priska Susanto Bagi Ilmu dan Tetap Berkarya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berawal dari banyaknya event yang tertunda akibat pandemi virus korona baru, seniman asal Surabaya Priska Susanto punya cara untuk tetap berkreasi. Perempuan yang kerap menyelengg­arakan

workshop melukis itu kini mengusung konsep workshop online.

Priska lebih suka menyebutny­a art jamming. ’’Karena acaranya lebih ke arah ngajakin temen-temen painting bareng,’’ jelasnya kemarin (4/5).

Perempuan yang berfokus pada lukisan watercolor tersebut mengadakan art jamming pertamanya pada Jumat (1/5). Ternyata antusiasme mereka yang bergabung cukup tinggi. Untuk art jamming perdananya itu, Priska memberikan free printables.

’’Caranya kemarin adalah daftar via website pikapoppin,’’ ujarnya. Setelah mendaftar, para peserta bisa mendapatka­n printables dan tutorial mewarnai dengan watercolor secara gratis. ’’Tujuannya memang supaya temen-temen nggak bosen selama berada di rumah aja dan ada kegiatan positif,’’ katanya.

Dari respons yang positif tersebut, Priska lantas punya ide me-launching buku mewarnai untuk watercolor­ing. Khususnya bagi mereka yang memang mau serius belajar watercolor­ing. Kertasnya dibuat khusus pakai

watercolor paper. Jadi, saat terkena air, kertas itu tidak akan rusak. Kemudian, setiap minggu Priska membuat free tutorial untuk mewarnai setiap halamannya lewat

Instagram Live @ pikapoppin. Buku tersebut merupakan buku pertama yang dibuatnya. ’’Walau sebenarnya ini lebih seperti merchandis­e dari Pikapoppin berupa activity yang berbentuk buku,’’ terangnya.

Project itu bukan semata-mata untuk komersial. Melalui pembuatan activity book tersebut, Priska ingin membantu berjalanny­a roda ekonomi toko kertas, percetakan, hingga semua orang yang terlibat dalam pembuatan dan pengiriman­nya. Jadi, buku tersebut merupakan pelengkap jika ingin lebih serius belajar watercolor­ing.

’’Tapi, yang mau nimbrung aja tentu boleh banget. Di art

jamming yang lalu, beberapa orang cuma nimbrung tanpa ikut melukis karena ternyata senang melihat proses melukis secara

live,’’ ungkapnya. Priska mengadakan art jamming terdekat selanjutny­a pada Kamis mendatang (7/5).

 ?? PRISKA SUSANTO FOR JAWA POS ?? AGAR TAK BOSAN DI RUMAH: Meski tak bisa mengadakan workshop tatap muka, Priska Susanto menggantin­ya dengan art jamming dan tutorial lewat Instagram live.
PRISKA SUSANTO FOR JAWA POS AGAR TAK BOSAN DI RUMAH: Meski tak bisa mengadakan workshop tatap muka, Priska Susanto menggantin­ya dengan art jamming dan tutorial lewat Instagram live.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia