Jawa Pos

Api Membesar Disertai Ledakan Berkali-kali

Kapal Tanker Terbakar, 22 Orang Terluka, 1 Tewas

-

BELAWAN, Jawa Pos – Kebakaran hebat terjadi di atas kapal tanker MT Jag Leela yang sedang diperbaiki di galangan milik PT Waruna Shipyard Indonesia, Jalan Pelabuhan Raya, Medan, kemarin (11/5). Insiden tersebut mengakibat­kan 22 orang terluka dan 1 orang tewas.

Dari informasi yang dihimpun Sumut Pos di lokasi kejadian, api terlihat kali pertama sekitar pukul 08.30

Waktu itu puluhan pekerja sedang memperbaik­i kapal yang biasanya mengangkut minyak tersebut. Tiba-tiba terdengar ledakan keras berkali-kali. Lalu, percikan api muncul di bagian atas kapal disertai kepulan asap tebal. Sejumlah pekerja yang berada di bagian luar terkena semburan api. Mereka semburat berusaha menyelamat­kan diri. Nasib nahas dialami pekerja yang berada di sekitar titik api. Mereka semua mengalami luka bakar. Suasana di atas kapal sepanjang sekitar 250 meter itu langsung panik. Terdengar teriakan minta tolong dan jerit kesakitan.

Tak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran dan ambulans tiba. Mereka mengevakua­si para korban ke RS PHC dan RS TNI-AL, Belawan. Sebagian petugas berusaha memadamkan api. Beberapa personel Polres Pelabuhan Belawan tampak melakukan pengamanan di sekitar lokasi. ’’Tadi ada yang mengelas di bagian atas. Kemungkina­n percikan api mengenai minyak di tanker itu. Akibatnya, membakar seluruh kapal,’’ tutur seorang karyawan di lokasi.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP M.R. Dayan yang dikonfirma­si Sumut Pos menyebutka­n, penyebab kebakaran masih didalami Tim Labfor Polda Sumut. ’’Data sementara, ada 22 pekerja yang mengalami lukaluka dan dibawa ke rumah sakit,’’ kata Kapolres.

Hingga kemarin sore, kapal masih dipenuhi kepulan asap. Karena itu, petugas belum bisa mendekat ke arah kapal. ’’Untuk saat ini, kita fokus ke pemadaman api,’’ ujar Dayan.

Sementara itu, Kepala Humas PT Waruna Shipyard Indonesia Belawan Ardiansyah juga belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. ’’Kami belum bisa jelaskan karena ini masih proses pendingina­n. Kita tunggu situasi tenang, baru bisa kita sampaikan secara jelas,’’ katanya.

Menjelang sore, tim evakuasi menemukan jenazah seorang pekerja yang tewas di atas kapal. Namun, identitas pria itu belum diketahui. ’’Jenazahnya sudah dievakuasi ke rumah sakit,’’ kata Kapolres.

 ?? FACHRI/SUMUT POS/JPG ?? HANGUS: Penyebab kebakaran kapal MT Jag Leela di Medan belum diketahui hingga kemarin. Polisi masih menunggu hasil penyelidik­an tim labfor.
FACHRI/SUMUT POS/JPG HANGUS: Penyebab kebakaran kapal MT Jag Leela di Medan belum diketahui hingga kemarin. Polisi masih menunggu hasil penyelidik­an tim labfor.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia