Jawa Pos

Pantau Kondisi Syaifuddin lewat Online

-

SURABAYA, Jawa Pos – M. Syaifuddin harus menjalani recovery selama 6–7 bulan ke depan. Itu dilakukan setelah bek Persebaya Surabaya tersebut menjalani operasi lutut kanan.

Kondisi itu jelas butuh penanganan yang cukup intens. Masalahnya, kondisi pandemi membuat tim dokter Persebaya tidak bisa bertemu langsung dengan Syaifuddin. Padahal, tim dokter juga harus memastikan bagaimana kondisi pemain jebolan tim internal Al Rayyan tersebut.

Tapi, tim dokter Green Force – julukan Persebaya– punya cara lain untuk memantau kondisi Syaifuddin. ’’Pemantauan masih bisa dilakukan dengan cara online,’’ ucap dokter tim Persebaya Pratama Wicaksana. Memang, pemantauan secara online tidak semaksimal kalau bertemu langsung. Tapi, setidaknya tim dokter sudah tahu kondisi terkini Syaifuddin.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Tomy tersebut tetap akan berupaya melakukan yang terbaik. ’’Sampai sekarang kami masih berusaha agar bisa tatap muka, supaya (penanganan) maksimal,’’ tambahnya. Tapi, upaya

Umpan kunci: 0

Intersep:

Sapuan: Melanggar: Tembakan:

Akurasi tembakan: Duel udara: 26 Persentase duel udara: 50% Tekel: 52

Persentase tekel: Kartu kuning:

Kartu merah:

untuk tatap muka memang sulit diwujudkan dalam waktu dekat. Sebab, masih ada aturan PSBB di wilayah Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

Proses recovery juga diharapkan berjalan dengan baik. Sebab, dengan begitu, proses untuk pulih ke kondisi semula bisa lebih cepat. Yang jadi masalah, pemain harus bisa mengatasi trauma pada bekas cederanya. Sebab, biasanya, pemain yang mengalami cedera panjang butuh waktu untuk kembali ke performa terbaik.

Apalagi, sebelum melakukan operasi, Syaifuddin juga sudah absen dalam latihan online. Pemain asli Surabaya itu mengalami cedera sejak persiapan laga kontra Persipura Jayapura (13/3). Dia sempat melakulan proses penyembuha­n dengan fisioterap­is. Tapi, ternyata kondisi cedera tersebut membuatnya harus naik ke meja operasi.

Pelatih Persebaya Aji Santoso berharap kondisi Syaifuddin bisa segera membaik. ’’Jangan dipaksa untuk aktivitas dulu,’’ katanya.

Tapi, dalam unggahan Persebaya di Instagram Minggu lalu (10/5), Syaifuddin tampak muncul bersama pemain lainnya di aplikasi Zoom. Dalam unggahan itu, dia tampak bugar. Hanya, bukan untuk melakukan latihan. Melainkan menyanyika­n Song for Pride bersama seluruh penggawa Green Force. Itu dilakukan sebagai bentuk kerinduan pemain dengan atmosfer di lapangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia