Jawa Pos

Kereta Api Luar Biasa Layani Enam Rute

-

JAKARTA, Jawa Pos – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperas­ikan kereta api luar biasa (KLB) mulai hari ini (12/5) hingga 31 Mei mendatang. Pengoperas­iannya disesuaika­n dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020. ’’Terdapat enam perjalanan untuk masyarakat yang dikecualik­an sesuai aturan pemerintah dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat,’’ ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus kemarin (11/5).

Yang diperboleh­kan menaiki KLB adalah pekerja di pelayanan penanganan Covid-19, pertahanan dan keamanan, kesehatan, kebutuhan dasar, serta fungsi ekonomi penting. Selain itu, perjalanan darurat pasien atau orang yang memiliki keluarga inti sakit keras atau meninggal. Juga, WNI yang baru pulang dari luar negeri atas bantuan pemerintah.

Ada enam rute yang dilayani. Yakni jalur utara jurusan Stasiun Gambir (Jakarta)– Stasiun Pasar Turi (Surabaya) PP. Lalu jalur selatan dengan stasiun pemberangk­atan dan stasiun akhir yang sama. Selain itu adalah rute Bandung–Surabaya PP.

Pemesanan dan pembelian tiket dapat dilakukan mulai H-7 keberangka­tan oleh penumpang yang bersangkut­an dan tidak dapat diwakilkan. Jika syarat sudah lengkap, calon penumpang melapor ke posko gugus tugas Covid-19 di stasiun penjualan tiket untuk menyerahka­n berkas.

Setelah diverifika­si, calon penumpang akan mendapatka­n surat izin dua rangkap dari satgas

Covid-19. Lembar pertama diberikan kepada petugas loket saat hendak membeli tiket. Lembar kedua ditunjukka­n kepada petugas ketika hendak masuk kereta. Surat izin tersebut berlaku hanya untuk satu kali perjalanan.

’’KAI mendirikan posko penjagaan. Pemeriksaa­n itu berkoordin­asi dengan Kementeria­n Perhubunga­n, Polri, TNI, pemerintah daerah, gugus tugas Covid-19 daerah, dan instansi terkait lainnya,’’ jelas Joni.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? TANYA PERSYARATA­N: Warga ingin membeli tiket KLB di Stasiun Gambir kemarin (11/5).
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS TANYA PERSYARATA­N: Warga ingin membeli tiket KLB di Stasiun Gambir kemarin (11/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia