Jawa Pos

Bakal Kerahkan Kekuatan Cegah Persebaran Covid-19

Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran Mulai Bertugas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kapolda Jatim yang baru Irjen Pol Muhammad Fadil Imran resmi bertugas kemarin. Jenderal bintang dua tersebut melepas Irjen Pol Luki Hermawan untuk menjalanka­n tugas baru sebagai Wakalemdik­lat Polri. Pelepasan itu tampak sederhana.

Keduanya hanya ditemani para pejabat utama yang memberikan hormat kepada Kapolda Jatim periode 2018−2020 itu.

Keduanya berjalan beriringan. Luki menerima salam hormat dari para pejabat Polda Jatim

g

Sementara itu, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menerima ucapan selamat untuk melaksanak­an tugas baru. Dengan begitu, jenderal lulusan Akpol 1991 tersebut resmi menjabat orang nomor satu di Polda Jawa Timur.

Fadil menyampaik­an prioritas utamanya dalam bertugas. Terutama momen penanganan Covid-19. Polisi kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, itu mengungkap­kan, semua kekuatan Polda Jatim akan dikerahkan untuk membantu penanganan pesebaran korona jenis baru tersebut. ”Yang kami sadari, persebaran virus itu bisa ditangkal apabila kita semua dalam keadaan guyub, gotong royong, dan semangat,” ucapnya.

Menurut dia, jajarannya akan dikerahkan sesuai dengan kapasitasn­ya. Mereka akan bekerja bersama-sama dengan forkopimda dan satuan gugus tugas dalam penanganga­n persebaran virus korona. ”Kami akan bahu-membahu mencegah virus menyebar,” ucapnya.

Dia pun mengungkap­kan masih melakukan evaluasi dasar terhadap potensi-potensi kriminalit­as di Jawa Timur. Sebab, potensi itu harus benar-benar berdasar data. Dengan begitu, langkah penanganan­nya lebih mudah. ”Seperti kebijakan asimilasi. Kami mendukung kebijakan pemerintah. Setiap kebijakan pasti memiliki untung ruginya. Maka, kami perlu melihat secara detail dampak dari kebijakan tersebut di Jawa Timur,” ucapnya.

Menurut mantan staf ahli sosial budaya (sahli sosbud) Kapolri Jenderal Idham Aziz itu, bakal ada langkah edukatif, persuasif, dan penindakan dalam memberanta­s tindak kriminalit­as di Jawa Timur. ”Kami cari terlebih dahulu. Jika memang perlu langkah tegas, maka akan dilakukan,” terangnya.

Setelah seremonial tersebut, orang nomor satu di Polda Jawa Timur itu mengecek beberapa lokasi sekitar mapolda. Di antaranya, lapangan tembak dan barak para bintara di lapangan tenis Mapolda Jatim. Jenderal bintang dua itu tampak serius menanyakan beberapa hal terkait dengan letak dan bangunanba­ngunan tersebut.

Mantan Dirtipid Siber Bareskrim Mabes Polri itu mengobrol dengan beberapa personelny­a. Dalam sidak tersebut, dia ditemani Wakapolda Jatim Brigjen Pol Djamaluddi­n dan beberapa pejabat utama. Kunjungan tersebut membuat beberapa personel di barak kaget. ”Sudah-sudah… nggak apa-apa, santai saja. Saya cuma pengin lihat lokasinya seperti apa. Jika perlu perbaikan, ya diperbaiki,” ucapnya.

 ?? DENNY MAHARDIKA/JAWA POS ?? AGENDA SEDERHANA: Irjen Pol Luki Hermawan (kiri) menerima poster ucapan terima kasih dari penggantin­ya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, dalam acara serah terima di Mapolda Jatim kemarin.
DENNY MAHARDIKA/JAWA POS AGENDA SEDERHANA: Irjen Pol Luki Hermawan (kiri) menerima poster ucapan terima kasih dari penggantin­ya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, dalam acara serah terima di Mapolda Jatim kemarin.
 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS ?? RADIO LEGENDARIS: Herry Montaco (kanan) bersama Besar Suripno, pengurus Masjid Rahmat, di ruang siaran. Keduanya mempersiap­kan materi ceramah hingga azan.
DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS RADIO LEGENDARIS: Herry Montaco (kanan) bersama Besar Suripno, pengurus Masjid Rahmat, di ruang siaran. Keduanya mempersiap­kan materi ceramah hingga azan.
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? LEBIH KETAT: Polisi mengarahka­n pengendara untuk mengikuti prosedur pemeriksaa­n di pos PSBB Cito.
DIPTA WAHYU/JAWA POS LEBIH KETAT: Polisi mengarahka­n pengendara untuk mengikuti prosedur pemeriksaa­n di pos PSBB Cito.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia