Jawa Pos

Sang Penolong Jadi Juara Lomba Foto Polisi Bermanfaat

-

GRESIK, Jawa Pos - Fajar Mujianto semula tidak percaya bahwa foto karyanya yang berjudul Sang Penolong dinobatkan sebagai juara lomba foto yang bertema Polisi Bermanfaat. Lomba itu merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Jadi Ke-533 Gresik yang diselengga­rakan oleh PWI Gresik dan Polres Gresik.

Awalnya, penganuger­ahan bagi karya terbaik akan dilangsung­kan bersamaan dengan pameran foto. Namun, karena terjadi pandemi Covid-19, akhirnya penyerahan penghargaa­n dilaksanak­an secara sederhana. Hanya dihadiri perwakilan. Kemarin (11/5) Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo langsung menyerahka­n sertifikat dan hadiah lomba kepada Fajar di Mapolres Gresik.

”Sungguh saya tidak menyangka karena saya melihat yang ikut lomba ratusan. Tidak sedikit peserta dari kalangan profesiona­l,” kata Fajar dengan mata berkacakac­a setelah menerima hadiah.

Menurut Kusworo yang juga merupakan salah seorang anggota dewan juri, foto karya Fajar layak menjadi juara. Sebab, momennya dinilai sangat bagus dan pas. ”Polisi yang ada dalam fotonya tidak sedang ditugaskan. Namun, dia melakukan karena panggilan hatinya sendiri,” kata alumnus Akpol 2000 tersebut.

Karena itu, lanjut Kusworo, dirinya mengundang anggotanya dari Polsek Duduksampe­yan tersebut untuk memberikan apresiasi. Dia mengatakan, lomba foto yang bertema Polisi Bermanfaat itu menjadi bagian dari kontrol publik atas kinerja jajarannya. Semua kegiatan kepolisian bisa diketahui masyarakat. ”Semoga dengan lomba ini menjadi inspirasi dan memacu semangat anggota,” ujarnya.

Fajar menceritak­an, dirinya tidak menyangka bisa mendapatka­n momen tersebut. Saat itu dia berangkat dari Surabaya menuju Pasar Duduksampe­yan, Gresik. Dia belum memiliki gambaran soal objek yang akan diambil. Nah, begitu melintas di wilayah Duduksampe­yan, dia melihat seorang polisi mendorong gerobak melintasi rel kereta api (KA). Fajar bergegas turun dan langsung memotretny­a. ”Karena cepat, hanya dapat dua frame,” katanya.

”Alhamdulil­lah. Sangat bersyukur, apalagi di tengah pandemi korona begini bisa juara satu. Hadiahnya cukup membantu untuk biaya hidup,” lanjut dia, lalu tersenyum.

Sementara itu, peraih peringkat kedua lomba foto Polisi Bermanfaat adalah karya Nugroho Galih

Wicaksono yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Fotonya memperliha­tkan dua polwan yang memberikan bantuan kepada warga di tengah kepungan banjir Kali Lamong. Lalu, peringkat ketiga ditempati foto karya Abdullah Munir asal Surabaya. Fotonya yang berjudul Senam Cuci Tangan menggambar­kan antusiasme dan semangat Polres Gresik untuk melakukan sosialisas­i cuci tangan yang baik dan benar sebagai upaya mencegah persebaran Covid-19.

 ??  ??
 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? JADI MOTIVASI: Foto karya Fajar Mujianto yang memenangi lomba bertema Polisi Bermanfaat. Foto atas, Kapolres Gresik Kusworo Wibowo menyerahka­n piagam dan hadiah kepada Fajar sebagai juara di mapolres kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS JADI MOTIVASI: Foto karya Fajar Mujianto yang memenangi lomba bertema Polisi Bermanfaat. Foto atas, Kapolres Gresik Kusworo Wibowo menyerahka­n piagam dan hadiah kepada Fajar sebagai juara di mapolres kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia