Jawa Pos

Aplikasi Curhatin Masuk 17 Ide Terbaik Nasional

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pandemi Covid-19 sangat berpengaru­h terhadap kesehatan mental (psikologis) masyarakat. Karena itu, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun menciptaka­n Curhatin. Yakni, aplikasi untuk layanan konsultasi psikologi online.

Karya tersebut diciptakan oleh tiga mahasiswa departemen teknik informatik­a. Yakni, Bagas Juwono Priambodo, Ihdiannaja, dan Yuki Yanuar Ratna. Bagas, ketua tim pencipta aplikasi Curhatin, mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia masih kurang peduli terhadap kesehatan mental. Banyak di antara mereka yang menganggap konsultasi kesehatan mental tidak penting. ”Bahkan malu untuk periksa kesehatan mentalnya,” katanya.

Bagas mengatakan, situasi pandemi saat ini mengakibat­kan masalah psikologis masyarakat meningkat. Banyak warga panik dan khawatir berlebihan. Hal itu menjadi salah satu penyebab munculnya masalah kesehatan mental. ”Meski begitu, masih banyak warga yang tidak sadar akan pentingnya kesehatan mental,” ujarnya.

Karena itu, Bagas bersama timnya menciptaka­n aplikasi Curhatin. Tujuannya, membantu masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan mental. ”Aplikasi ini membantu masyarakat untuk bisa berkonsult­asi soal masalah psikologis­nya.”

Mahasiswa semester VI itu menambahka­n, Curhatin merupakan aplikasi berbasis Android mobile. Aplikasi itu dilengkapi berbagai layanan psikologi yang dapat membantu masyarakat. Di antaranya, tip antistres, konsultasi dengan pakar psikologi, pencatatan jurnal pribadi, metode stress healing, dan stress monitoring. Sementara itu, layanan konsultasi dengan pakar psikologi dilakukan dengan cara berkirim pesan, telepon, dan video call. ”Kami akan berkoordin­asi dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI),” ujarnya.

Kini aplikasi Curhatin berhasil masuk 17 ide terbaik dalam kompetisi Covid-19 INAIDEAtho­n yang digelar Kementeria­n Riset dan Teknologi (Kemenriste­k) atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Curhatin berhasil bersaing dengan 5.590 ide dari seluruh Indonesia.

 ?? ITS FOR JAWA POS ?? KONSULTASI MENTAL: Bagas Juwono Priambodo menunjukka­n prototipe aplikasi Curhatin.
ITS FOR JAWA POS KONSULTASI MENTAL: Bagas Juwono Priambodo menunjukka­n prototipe aplikasi Curhatin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia