Jawa Pos

Dengan VR, Pengunjung Bebas Tentukan Alur Nikmati Pameran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski tidak memungkink­an untuk menggelar pameran di masa pandemi karena ada aturan social distancing dan physical distancing, bukan berarti para mahasiswa Arsitektur Interior Universita­s Ciputra (UC) tak bisa unjuk karya. Mereka bisa menyuguhka­n pameran tugas akhir secara daring. Karena itu, mereka menghadirk­an pengalaman mengunjung­i pameran secara virtual reality (VR).

”Memang dengan menggelar pameran yang biasanya offlinemen­jadi online, banyak perubahan. Tuntutan produk yang biasanya di-print berlembar-lembar dengan ukuran besar kini semuanya diubah jadi digital dan disimpan di drive,” tutur Kaprodi Arsitektur Interior UC Susan kemarin (11/5). Konsep pameran mahasiswan­ya itu kini dibuat dengan pengumpula­n video dan VR.

Video dan VR itu kemudian diunggah sehingga bisa diakses banyak orang lewat gawai masing-masing. ”Yang menarik di sini adalah bagian VR-nya. Kalau video, alur untuk menjelajah­i karya ditentukan desainerny­a. Tapi, dengan VR, pengunjung bisa menjelajah­i karya itu dengan menentukan alur sendiri,” jelasnya.

Cara mengakses pameran virtual itu juga cukup mudah. Semua link para mahasiswa yang berpameran diunggah lewat akun Instagram UC_interiorar­chitecture. Setelah link dimasukkan, akan ada beberapa pilihan barcode yang bisa discan dan langsung menuju pengalaman menikmati pameran yang diinginkan.

Menurut Susan, pameran virtual tersebut mempunyai poin plus. ’’Kalau bisanya kita gelar pameran di mal, yang bisa menikmati ya pengunjung mal. Tapi, kalau lewat virtual gini, dari mana pun bisa mengakses,’’ ungkapnya. Dia juga menjelaska­n bahwa sebenarnya ide untuk membuat pameran secara daring sudah terencana untuk menuju dunia yang lebih paperless.

”Dengan adanya pandemi ini, secara tidak sengaja dan ’terpaksa’ ide itu harus diwujudkan,” ujarnya. Selain itu, dia mengungkap­kan bahwa pameran virtual bisa merangkul para pengunjung yang bukan dari Surabaya. ”Ke depan pun, pameran digital ini rasanya akan dipertahan­kan. Mungkin akan dikombinas­ikan,” katanya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? PENGALAMAN BEDA: Salah satu karya mahasiswa Arsitektur Interior Universita­s Ciputra yang bisa diakses lewat daring.
MARIYAMA DINA/JAWA POS PENGALAMAN BEDA: Salah satu karya mahasiswa Arsitektur Interior Universita­s Ciputra yang bisa diakses lewat daring.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia