Jawa Pos

Amankan Pasokan Listrik Jawa Timur

-

SURABAYA, Jawa Pos – PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (Jatim) terus mengejar target bauran energi baru terbarukan tahun ini. BUMN di bidang energi itu sepakat membeli listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM). Itu juga dilakukan untuk memastikan pasokan listrik aman bagi pelanggan Jatim.

General Manager PLN UID Jatim Bob Saril mengatakan bahwa pihaknya telah meneken perjanjian pembelian energi dengan PT Akasa Eko Energi. Perusahaan itulah yang melaksanak­an commercial operation date (COD) alias jadwal operasi komersial PLTM Taman Asri.

’’Pembelian energi listrik ini tentu akan mendukung komitmen PLN UID Jatim untuk senantiasa mendukung iklim investasi dan pengembang­an perekonomi­an,’’ ujarnya kemarin (12/5). Selain itu, tentu saja hal tersebut bertujuan mengamanka­n ketersedia­an listrik bagi para pelanggan.

PLTM Taman Asri itu terletak di Ampelgadin­g, Kabupaten Malang. Pembangkit tersebut memiliki kapasitas 2 x 315 kw + 1 x 540 kw atau setara dengan 1.170 kw. Daya yang dijual kepada PLN berkisar 1.154 kw dengan capacity factor 65 persen. Nanti pasokan itu mampu melayani sekitar 650 pelanggan dengan daya 1300 VA.

Dalam perjanjian, tercantum bahwa kontrak PLN dan PLTM Taman Asri akan berlangsun­g selama 25 tahun. Sementara itu, harga listrik yang disepakati Rp 870 per kWh.

Bob mengungkap­kan bahwa PLN telah melaksanak­an power purchase agreement pada 2017. Kesepakata­n tersebut diikuti dengan pembanguna­n sipil beserta peralatan mekanikale­lektrikal pada 2018‒2019. ’’COD baru saja kami laksanakan pada 4 Mei,’’ ucapnya.

Perjanjian jual beli listrik itu merupakan realisasi dari Permen ESDM No 19 Tahun 2015. Dalam permen tersebut, tertulis bahwa PLN wajib membeli tenaga listrik dari PLTA dengan kapasitas sampai dengan 10 mw dari badan usaha yang telah memiliki IUPTL.

Yang dimaksud adalah PLTA yang memanfaatk­an tenaga dari aliran/terjunan air di sungai. Juga PLTA yang memanfaatk­an tenaga air dari waduk/bendungan atau saluran irigasi yang pembanguna­nnya bersifat multiguna.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? BEBAS BYAR-PET: Gardu Induk Sambikerep, Surabaya, yang diresmikan pada 2016 memiliki kapasitas listrik 2 x 60 MVA.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS BEBAS BYAR-PET: Gardu Induk Sambikerep, Surabaya, yang diresmikan pada 2016 memiliki kapasitas listrik 2 x 60 MVA.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia