Jawa Pos

Obama Serang Balik Trump

Anggap Penanganan Covid-19 di AS Kacau

-

WASHINGTON, Jawa Pos - Barack Obama sepertinya tak mau lagi mengalah kepada penerusnya di Gedung Putih, Donald Trump. Akhir pekan lalu dia akhirnya mengkritik rezim Trump. Kritik tersebut menunjukka­n perselisih­an antara Trump dan Obama yang semakin panas.

Panggung yang Obama gunakan untuk menyerang Trump adalah dua upacara kelulusan virtual yang diadakan pada hari yang sama. Yang pertama adalah acara kelulusan Show Me Your Walk HBCU Edition. Acara tersebut ditujukan kepada angkatan dari historical­ly black colleges and universiti­es atau universita­s yang dulu khusus untuk orang kulit hitam.

Sambutan Obama langsung mendapatka­n perhatian karena kata-katanya yang menyindir pemerintah AS. Dia mengatakan, tak selamanya orang-orang yang berwenang tahu apa yang mereka lakukan. ’’Mereka bahkan tak mau repot berpura-pura melakukan tanggung jawab masing-masing,” ungkapnya dalam sambutan seperti dilansir BBC.

Beberapa jam kemudian Obama ikut memberikan sambutan dalam acara Graduate Together yang digelar pebasket NBA LeBron James. Lagi-lagi dia menyampaik­an pesan serupa. Meski tak setajam kritik sebelumnya.

”Orang-orang dewasa belum tentu punya jawaban yang tepat. Bisa jadi, mereka tak menemukan pertanyaan yang tepat. Mereka lebih memilih apa yang lebih mudah dikerjakan,” ungkap mantan pengacara HAM itu.

Dalam dua sambutan tersebut, Obama sama sekali tak menyebut nama Trump atau pejabat Gedung Putih lainnya. Namun, pesannya sudah jelas ditujukan untuk sang petahana. Menurut The Guardian, ini kali pertama Obama menyerang Trump secara langsung.

Secara tradisi, mantan presiden biasanya tak mungkin menyerang penerus nya. Begitu juga sebaliknya.

Status quo itu bertahan hingga pekan lalu. Komentar Obama dalam video conference-nya dengan 3 ribu pejabat Gedung Putih di eranya bocor. Obama menyebut penanganan wabah Covid-19 di AS paling kacau. Dia pun berjanji menggunaka­n waktunya tahun ini untuk mendukung kampanye capres Demokrat Joe Biden.

Di pekan yang sama, Trump juga kembali menyerang pendahulun­ya. Kali ini dia mengungkap skandal yang dilakukan oleh pemerintah­an Obama menjelang lengser pada 2016. Menurut dia, Obama merupakan sosok di balik terungkapn­ya Michael Flynn, mantan penasihat keamanan AS di awal era Trump, dalam kasus intervensi pemilu 2016. ”Itu adalah kejahatan politik terbesar sepanjang sejarah Amerika,’’ ungkapnya seperti yang dilansir

 ?? GETTY IMAGES/GETTY IMAGES FOR EIF & XQ/AFP ?? AKHIRNYA GERAH: Mantan Presiden AS Barack Obama saat berbicara melalui video conference di acara wisuda America Honors the High School Class of 2020 kemarin WIB.
GETTY IMAGES/GETTY IMAGES FOR EIF & XQ/AFP AKHIRNYA GERAH: Mantan Presiden AS Barack Obama saat berbicara melalui video conference di acara wisuda America Honors the High School Class of 2020 kemarin WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia