Jawa Pos

Kritik Indonesia dengan Foto Evakuasi Warga India

-

FOTO yang disebar ulang akun Facebook Iwan Rahman kemarin (17/5) memang tak biasa. Tampak para penumpang duduk berimpitan di kursi pesawat sambil mengenakan face shield dan masker. Sedangkan pramugarin­ya mengenakan alat pelindung diri yang lebih lengkap, termasuk baju hazmat. Iwan lantas mempertany­akan mengapa kondisi seperti itu diperboleh­kan.

Sebelumnya foto yang sama diunggah pemilik akun Facebook Abiem Rbkc S’raja Nekat. Dia membanding­kan kondisi kabin pesawat yang penuh penumpang itu dengan aturan pembatasan di dalam kendaraan bermotor. Khususnya terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

”Naik motor gx boleh boncengan, Naik mobil istri gak boleh disamping suami, Sholat berjamaah d masjid d larang, Tpi naik pesawatmah Bebaaassss, Rakyat d ajak nonton konser bareng, INDONESIA terserah loe ajah,” tulis Abiem kemarin.

Lantas, apakah foto itu memang memperliha­tkan kondisi penerbanga­n Indonesia yang memang sudah dibuka kembali secara terbatas? Hasil penelusura­n menggunaka­n situs padanan gambar, foto tersebut diunggah lebih dulu oleh akun Twitter milik Menteri Penerbanga­n Sipil India Hardeep Singh Puri pada 10 Mei 2020.

Dalam keterangan­nya, Hardeep Singh mengatakan, para penumpang itu berada dalam penerbanga­n Singapura ke India. ”Bukan adegan dari blockbuste­r fiksi ilmiah, tapi gambar penumpang dengan pelindung wajah di atas penerbanga­n Singapura-Mumbai yang mendarat sebelumnya hari ini,” bunyi penggalan narasinya. Anda bisa melihatnya di bit.ly/JalurIndia­Singapura.

Foto serupa diberitaka­n portal berita asal India The Wire. Berita yang terbit pada 14 Mei 2020 itu menjelaska­n proses evakuasi warga India dari Singapura yang mengikuti program repatriasi. Atau proses kembalinya suatu warga negara dari negara yang pernah menjadi tempat tinggal menuju ke tanah asal kewarganeg­araan nya.

Menurut The Wire, Kementeria­n Luar Negeri India telah menyusun kriteria bagi orang-orang yang dapat dievakuasi kembali ke India. Sejauh ini, lebih dari 12.000 warga negara India telah dibawa kembali dalam 56 penerbanga­n dari 12 negara. Selengkapn­ya, Anda dapat membacanya di bit.ly/EvakuasiPe­nduduk.

 ?? ILUSTRASI ERIE DINI/JAWA POS ??
ILUSTRASI ERIE DINI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia