Jawa Pos

Sehari Minum 5 Liter Air

-

DALAM menjalani program latihan, pria yang berprofesi sebagai anggota TNI tersebut juga menjaga pola makan. ”Pola makannya yang mengandung banyak karbohidra­t dan banyak serat,” jelas Mahendra. Tiap pagi dia biasa mengonsums­i roti dengan susu atau kacang hijau.

Lalu, menu makan siang biasanya lebih lengkap. Harus ada karbohidra­t, protein, sayur untuk asupan serat, dan buah-buahan. ”Menunya sama untuk makan malam. Paling lauk ayam diganti dengan ikan bakar gitu,” jelasnya. Menurut dia, berpatokan pada 4 sehat 5 sempurna wajib dilakukan. Protein, karbohidra­t, vitamin, dan mineral harus lengkap.

Makan malam harus dilakukan sebelum pukul 19.00 dan membiasaka­n diri mengonsums­i multivitam­in. Menu serupa juga dipertahan­kan selama bulan puasa. ”Biasanya dibuka dulu dengan makanan atau minuman manis,” jelasnya. Baru menu 4 sehat 5 sempurna 30 menit kemudian.

Selain itu, Mahendra sangat menjaga asupan air mineral. Sejak berbuka hingga sahur, dia memastikan tubuhnya mengonsums­i hingga 5 liter air. ”Dengan kegiatan yang dilakukan, asupan itu perlu untuk menjaga diri dari dehidrasi,” paparnya. Menurut dia, air mudah melarutkan lemak di tubuh.

Menu makanan dan latihan harus didukung dengan pola istirahat. ”Kalau saya, ada dua hari untuk istirahat, passive rest dan active rest,” paparnya. Untuk yang pasif, Mah e n dram ember lakukan istirahat penuh tanpa kegiatan fisik apa pun. Sedangkan istirahat aktif biasanya tetap diisi dengan kegiatan ringan di rumah. Misalnya pus h- u p dan sit-u p .( d ya/ c 11/ t ia)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia