Jawa Pos

Seri Pembuka di Austria Tinggal Selangkah Lagi

-

SPIELBERG, Jawa Pos – Penyusunan kalender balap F1 yang baru mendekati tahap terakhir. Sirkuit Red Bull Ring, Austria, hampir dipastikan menjadi seri pembuka tur balapan di Eropa. Namun, yang membuat sedih fans F1 di Indonesia adalah tidak adanya GP Singapura di dalam kelender baru tersebut.

Sebelumnya, Liberty Media sebagai pemegang hak siar F1 menyiapkan Red Bull Ring sebagai venue untuk dua balapan sekaligus pada 5 dan 12 Juli mendatang. Upaya itu dilakukan demi memaksimal­kan peluang yang ada agar jumlah race tetap memenuhi batas minimal kompetisi dalam semusim. Meski, konsekuens­inya balapan di awal-awal seri akan diadakan tanpa penonton.

Bos Mercedes Toto Wolff yakin Red Bull Ring adalah venue yang tepat untuk memulai musim balap. ’’Aku optimistis kita bisa memulai (musim ini, Red) di Austria,’’ kata Wolff yang juga asli Austria sebagaiman­a dikutip Crash.

Menurut dia, Austria menjadi salah satu negara Eropa yang berhasil menjaga tingkat persebaran Covid-19 tetap rendah. ’’Aku tinggal di Spielberg. Rasanya seperti rumah kedua bagiku. Memulai musim (2020) di sana membuatku sangat bangga. Apalagi bakal menggelar balapan dua pekan beruntun. Kesempatan yang mungkin hanya bisa terwujud di tengah pandemi ini,’’ tuturnya.

Jika Wolff tidak sabar menanti seri pembuka di Austria, fans F1 Asia harus kecewa karena GP Singapura tidak masuk kalender balap F1 yang baru. Balapan di sirkuit jalanan hampir mustahil diselengga­rakan. Sebelumnya, seri balapan jalanan di Monako juga dibatalkan karena lebih rawan jika dibandingk­an dengan balapan di sirkuit permanen.

Sejauh ini baru tiga GP yang dipastikan batal berlangsun­g tahun ini. Yakni, GP Australia, Monako, dan Prancis. Belakangan, GP Belanda, Kanada, dan Singapura dikabarkan juga bakal menyusul untuk dibatalkan. Seri balapan lainnya masih berstatus ditunda.

Salah seorang juru bicara G P Singapura menjelaska­n, tim nya sedang menjajaki komunikasi untuk mendapatka­n solusi terbaik bersama F 1, pemerintah, dan semua pihak yang berkepenti­ngan .’’ Prioritas utama tetap keselamata­n dan keamanan penggemar, sukarelawa­n, dan seluruh warga Singapura,’’ ujarnya. GP Singapura dijadwalka­n berlangsun­g pada 20 September mendatang.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? SEGERA START: GP Austria dirancang menjadi venue seri pembuka F1 musim ini. Bos Mercedes
Toto Wolff mendukung penuh rencana tersebut.
JUN QIAN/JAWA POS SEGERA START: GP Austria dirancang menjadi venue seri pembuka F1 musim ini. Bos Mercedes Toto Wolff mendukung penuh rencana tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia