Jawa Pos

Ditunda sampai Tahun Depan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pelaksanaa­n seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) resmi ditunda sejak Maret lalu. Namun, belum dipastikan sampai kapan penundaan tersebut berlangsun­g. Berdasar rapat antara komisi A dan badan kepegawaia­n daerah (BKD), tahapan seleksi CPNS bisa jadi dilanjutka­n tahun depan.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Muchammad Machmud mengatakan, penundaan tersebut tidak hanya mengacu pada keputusan BKD Provinsi Jatim dan BKN (Badan Kepegawaia­n Negara). Hal itu juga berkaitan dengan anggaran pelaksanaa­nnya. Machmud memahami proses seleksi CPNS memang program dari pemerintah pusat. Anggaranny­a pun berasal dari pusat. Namun, kota/ kabupaten juga memiliki panitia lokal (panlok) yang bertugas menyelengg­arakan kegiatan di tingkat daerah.

Nah, di daerah ternyata ada anggaran yang disiapkan untuk menyambut para abdi negara baru. Anggaran itu dialokasik­an untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi peserta yang lolos seleksi CPNS tahap I dan II. ”Untuk nilainya kurang tahu kemarin. Yang jelas, ada anggaran untuk itu,” kata Machmud.

Anggaran tersebut telah dialihkan untuk penanganan Covid-19. Karena itu, kegiatan di daerah untuk tahapan seleksi CPNS belum bisa terlaksana. ”Masalahnya, kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Sekarang hampir pertengaha­n tahun. Jadi, sangat mungkin tahapan seleksi CPNS ditunda sampai tahun depan,” kata politikus Demokrat itu.

Di sisi lain, Kepala BKD Surabaya Mia Santi Dewi belum bisa dikonfirma­si terkait hal tersebut. Namun, penundaan tahapan seleksi CPNS dibenarkan oleh Kepala BKD Jatim Nur Kholis. Dia menyatakan, kebijakan untuk menunda tahapan seleksi CPNS diambil setelah melihat perkembang­an Covid-19 yang semakin luas.

Menurut Kholis, seleksi kompetensi dasar (SKD) sudah terlaksana. Yang tertunda adalah seleksi kompetensi bidang (SKB). Dia tidak ingin berandai-andai terkait kemungkina­n seleksi ditunda sampai tahun depan. Yang jelas, prosesnya memang masih panjang.

Masalahnya kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir. Sekarang sudah hampir pertengaha­n tahun. Jadi, sangat mungkin kalau tahapan seleksi CPNS ditunda sampai tahun depan.” Anggota Komisi A

MUCHAMMAD MACHMUD

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia