Jawa Pos

Kembalikan 55 Mobil dan 80 Motor

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim gabungan dari Kecamatan Gunung Anyar serta Polsek dan Koramil Rungkut terus mengedukas­i masyarakat tentang pencegahan persebaran korona. Salah satunya, di Jalan Raya Rungkut Menanggal, Gunung Anyar.

Danramil Tipe A 0831/05 Rungkut Mayor CHB Suprianto menyatakan, setiap hari puluhan petugas berjaga di sana. Setiap pengendara yang melintasi perbatasan itu akan diperiksa. Di antaranya, pengecekan masker, suhu tubuh, kapasitas muatan bagi roda empat, dan pengecekan surat perjalanan bagi para pekerja.

Kemarin (17/5) pengendara tampak berbaris. Mereka lantas memasuki bilik disinfekta­n untuk sterilisas­i. Pengendara roda dua dan roda empat yang tidak bernopol Surabaya diperiksa satu per satu untuk dicek suhu badan. ”Alhamdulil­lah. Sejauh ini aman,” kata Suprianto.

Dia menyatakan, diperlukan tindakan tegas atas pelanggara­n pembatasan sosial berskala besar (PSBB). ”Sejauh ini sudah 55 mobil dan 80 motor kami suruh putar balik karena melanggar PSBB,” tuturnya. Alasan mereka beragam. Ada yang tidak memakai masker, tidak membawa surat perjalanan kerja, serta melebihi kapasitas maksimum angkutan.

Suprianto menyatakan, selain di Raya Rungkut Menanggal, petugas mengawasi MERR Gunung Anyar–Sidoarjo. Di sana ada enam petugas. ”Pengawasan juga kami lakukan di area itu dengan memeriksa kendaraan satu per satu,” tambahnya.

Sementara itu, di kawasan Taman Flora, Bratang, puluhan kendaraan parkir di tempat terlarang. Pengendara­nya dudukduduk dan bersantai di area trotoar. Padahal, di lokasi, jelas terpasang rambu larangan parkir maupun larangan berhenti.

Kepala Dinas Perhubunga­n Surabaya Irvan Wahyudraja­d menyatakan sudah pernah menindak pengendara bersama Polsek Gubeng. Namun, mereka masih saja berulah. ”Kami akan giatkan lagi pemeriksaa­n,” ungkapnya.

Dia juga mengaku kecewa dengan banyaknya warga yang tidak mengindahk­an kebijakan physical distancing. Ada pula yang tidak mengenakan masker . ”Ini tentu menjadi pekerjaan bagi kami di tengah pandemi Covid-19 ini. Kami akan sisir daerah-daerah yang rawan bersama dengan Polsek tentunya,” kata Irvan.

 ?? KORAMIL RUNGKUT FOR JAWAPOS ?? JANGAN MELANGGAR: Anggota TNI memeriksa suhu tubuh pengendara yang hendak masuk ke Rungkut dari Sidoarjo.
KORAMIL RUNGKUT FOR JAWAPOS JANGAN MELANGGAR: Anggota TNI memeriksa suhu tubuh pengendara yang hendak masuk ke Rungkut dari Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia