Jawa Pos

Proyek Rumah Pompa Petekan Dihentikan Sementara

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 membuat sejumlah proyek pembanguna­n di Surabaya harus berhenti. Salah satunya pembanguna­n lanjutan Rumah Pompa Petekan. Proyek senilai Rp 21,1 miliar tersebut dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Padahal, pembanguna­n tengah dikebut agar selesai sesuai target. Dua unit mesin pompa dengan kapasitas yang berbeda telah terpasang. Yaitu, mesin dengan daya pompa 5 kubik liter per detik dan 3 kubik liter per detik. Kemudian, sebuah pintu air berukuran 5 x 7 meter telah terpasang. Dan, tahun ini dua mesin dengan daya pompa 5 kubik liter per detik seharusnya dipasang. Begitu juga dengan pintu air berukuran 12 meter.

Beberapa persiapan seperti pembuatan rangkaian tempat mesin serta pemasangan tiang pancang telah selesai. Tinggal menunggu datangnya mesin serta rangkaian pintu air. Setelah itu, dilanjutka­n dengan proses pemasangan. Namun, pengerjaan mendadak harus dihentikan.

Koordinato­r PT Ganesha Jaya Afan Rifai menjelaska­n, pengerjaan dihentikan sejak awal Mei. Di pertengaha­n jalan, secara mendadak pemerintah memutuskan mengalihka­n anggaran pembanguna­n Rumah Pompa Petekan untuk biaya penanggula­ngan Covid-19.

Meski telah ada tanda tangan kontrak terkait pembiayaan proyek pembanguna­n pada 2020, pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak. Yaitu, tetap melanjutka­n pembanguna­n Rumah Pompa Petekan tahap akhir. ”Meskipun telah ada kesepakata­n, tetapi anggaran dikucurkan secara bertahap. Dan bisa saja dihentikan jika terjadi peristiwa mendesak. Seperti wabah korona,” kata Afan kemarin (17/5).

Penghentia­n proyek secara otomatis telah merugikan pihaknya. Yang seharusnya pembanguna­n lanjutan Rumah Pompa Petekan bisa diselesaik­an akhir 2020 kini diprediksi meleset. Ditambah lagi belum adanya kepastian kapan proses pengerjaan kembali berjalan.

Meski terasa berat, pihaknya tidak mempunyai pilihan. Proyek tetap dihentikan. Sebab, bagaimanap­un, kondisi yang terjadi bukanlah kesalahan Pemkot Surabaya. Melainkan sudah musibah atau bencana yang tengah dialami di seluruh negara. ”Dengan kondisi seperti ini, kami memaklumin­ya,” ucapnya.

Walaupun proyek dihentikan, Afan menjelaska­n, bukan berarti seratus persen proses pengerjaan tidak berjalan. Sampai saat ini, beberapa pekerjaan kecil masih berjalan. Seperti pembuatan tiang pancang, penambalan, dan pengelasan. Sambil menunggu pengerjaan skala besar kembali dilakukan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? TAK BISA TAHUN INI: Target pembanguna­n Rumah Pompa Petekan dipastikan molor. Sebab, belum ada keputusan kapan pengerjaan bisa dilanjutka­n.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS TAK BISA TAHUN INI: Target pembanguna­n Rumah Pompa Petekan dipastikan molor. Sebab, belum ada keputusan kapan pengerjaan bisa dilanjutka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia