Jawa Pos

Gencarkan Seminar Daring dengan E-Sertifikat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Aplikasi pertemuan lewat daring atau online menjadi salah satu sarana yang paling banyak dimanfaatk­an di tengah pandemi Covid-19. Termasuk untuk kegiatan seminar. Dua bulan terakhir, IT Telkom tercatat sudah dua kali bertindak sebagai host alias tuan rumah untuk acara seminar online yang cukup besar.

Setelah pada beberapa waktu lalu menggelar seminar online dengan Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (Abkin) Jatim dengan 1.500 peserta, bulan ini IT Telkom juga baru saja tuntas mengadakan seminar online mengenai aplikasi edukasi Covid-19. Tidak tanggung tanggung, jumlah pesertanya mencapai 1.900 orang. Mereka menyimak lewat aplikasi Zoom maupun streaming melalui channel YouTube.

’’Ini termasuk inovasi pada era pandemi yang bisa memfasilit­asi orang-orang untuk tetap berada di rumah. Tapi, mereka masih bisa mendapatka­n ilmu dan materimate­ri yang menarik. Apalagi, ada e-sertifikat untuk mereka,’’ ujar Rektor IT Telkom Tri Arif Sardjono.

Tri menyebutka­n bahwa topik bahasan seminar online seputar Covid-19 dari sudut pandang pendidikan menarik minat banyak orang. Sebab, mereka merasa perlu dan butuh untuk mengetahui­nya. Pihaknya pun tidak hanya memanfaatk­an tren webinar untuk audience dalam jumlah masal. Itu juga dimanfaatk­an untuk seminar lain dengan penonton yang lebih kecil.

Selain itu, Tri memandang perlunya ruang sharing dan diskusi santai. Karena itu, pihaknya pun menggagas program nyangkruk online lewat Zoom yang mempertemu­kan petinggi-petinggi kampus dengan pegawai maupun mahasiswa. Di situ, semua warga kampus membahas topik-topik ringan. Terutama yang berkaitan dengan pengalaman menjalani studi maupun kebiasaan selama pandemi. ’’Suasananya lebih guyub dan rukun kalau nyangkruk online,’’ tuturnya.

Beragam inovasi pertemuan daring yang dimaksudka­n untuk meluaskan media belajar itu diakuinya tidak lepas dari kendala. Misalnya, orang-orang di daerah blank spot yang belum terakses internet. Juga ada para operator IT Telkom yang bersinggun­gan dengan kendala mendadak di luar perkiraan.

Rektor IT Telkom

TRI ARIF SARDJONO Ini termasuk inovasi pada era pandemi yang bisa memfasilit­asi orangorang untuk tetap berada di rumah. Tapi, mereka masih bisa mendapatka­n ilmu dan materi-materi yang menarik.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia