Jawa Pos

Konser Orkestra dari Rumah

Pilih Soundtrack Itaewon Class

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gesekan biola, suara yang dihasilkan saksofon, denting piano, dan bunyi alat musik lain bercampur jadi satu, menghasilk­an irama yang harmonis. Musik tersebut dimainkan oleh Stradivari Orchestra asal Surabaya. Para musisi memainkann­ya di rumah masingmasi­ng dan merekamnya melalui video. Lantas, rekaman tersebut digabung dan diunggah di akun YouTube mereka.

Mereka menjelaska­n, itu adalah sebuah proyek untuk melepas kangen. Sebab, pandemi membuat mereka tak bisa bertemu selama dua bulan. Sebanyak dua puluh musisi Stradivari Orchestra terlibat dalam proyek tersebut. Masingmasi­ng memegang alat musik seperti biola, trompet, dan piano. Lagu Start dari soundtrack drama serial Itaewon Class dipilih untuk dimainkan.

”Selain dramanya lagi populer, di lagu itu juga ada pesan moral yang pas di masa sekarang. Yakni, pesan agar tetap bersemanga­t dan pantang menyerah,” ujar sang konduktor Alvine Kurniawan.

Dia menyebutka­n, proyek itu awalnya digagas beberapa musisi Stradivari Orchestra. Lantas, sang music director Christian Xenophanes mulai mengaranse­men lagu Start. Di samping itu, Alvine mengumpulk­an dua puluh musisi untuk bergabung. Tiap rekaman video digabung menjadi satu serta melalui proses editing dan mixing. ”Totalnya dua minggu,” imbuh pria 37 tahun itu.

Alvine juga menceritak­an pengalaman selama menjalanka­n proyek yang dinamai Concert from Home itu. Menurut dia, ada kesulitan saat menyatukan hasil permainan tiap musisi. Sebab, mereka tidak bisa berkoordin­asi secara langsung. Kerumitan kembali dijumpai karena kualitas rekaman yang berbeda. Ada yang sudah mumpuni dan belum. ”Selain itu, secara keseluruha­n lancar. Sebab, anggota kami musisi profesiona­l seluruhnya,” ucapnya, lantas tersenyum.

Proyek tersebut telah diunggah Kamis (14/5) di akun YouTube Stradivari Orchestra. Sejauh ini, respons warganet sangat bagus menurut Alvine. Dia berharap langkah Stradivari Orchestra bisa menginspir­asi musisi lain agar tetap bersemanga­t dan berkarya meskipun harus melakukan karantina diri di rumah masing-masing.

Stradivari Orchestra merupakan kelompok musik orkestra asal Surabaya. Berdiri pada 2012 dan memiliki studio yang berlokasi di ruko Galaxy Bumi Permai. Kelompok musik itu menyajikan beragam genre seperti pop, jazz, Broadway, klasik, atau rock. Kelompok itu beranggota puluhan musisi profesiona­l.

 ?? STRADIVARI ORCHESTRA FOR JAWA POS ?? DIGABUNG: Tiap personel merekam aksi memainkan alat musik di rumah masing-masing. Rekaman tersebut kemudian diedit dan di-mix menjadi satu.
STRADIVARI ORCHESTRA FOR JAWA POS DIGABUNG: Tiap personel merekam aksi memainkan alat musik di rumah masing-masing. Rekaman tersebut kemudian diedit dan di-mix menjadi satu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia