Jawa Pos

Luncurkan Buku secara Daring untuk Tedja Soeminar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Meski berada di masa pandemi, Swandajani tidak berputus asa untuk menerbitka­n buku biografi Perjalanan Garis Tedja Soeminar yang memang sudah direncanak­an jauh-jauh hari. Sabtu sore (16/5) dia menggelar peluncuran buku tersebut secara daring lewat Zoom dan juga live di YouTube. Berbagai kalangan seniman dan orang-orang yang mengenal dekat sosok Tedja berkumpul sore itu.

Tedja adalah seniman yang fokus pada seni lukis. Swan adalah putri pertama almarhum Tedja. Swan bercerita, sebenarnya menerbitka­n buku adalah keinginan yang sudah lama ingin diwujudkan oleh papinya. Kini dia akhirnya bisa mewujudkan sedikit demi sedikit impian tersebut.

Berlokasi di Studio Tedja yang berada di Jalan Lapangan Dharmawang­sa, Surabaya, sebelum Swan mulai bercerita soal buku itu, prosesi pemotongan tumpeng digelar terlebih dahulu sebagai bentuk syukur bahwa buku tersebut tetap bisa diluncurka­n meski saat ini masih masa pandemi. Meski menggagas dan menulis buku itu, perempuan 56 tahun tersebut mengaku tidak ingin disebut ebagai penulis buku itu.

”Soalnya, saya seperti sedang menyusun catatan-catatan papi saja. Yang menulis itu sebenarnya papi,” jelasnya, membuka ceritanya.

Para undangan yang bergabung lewat

Zoom tersebut tidak hanya menjadi peserta. Hampir semua diajak untuk menyampaik­an cerita masing-masing soal sosok Tedja yang mereka kenal.

Salah satunya pelukis Lini Natalini yang juga hadir. Meskipun putri Tedja, sore itu Lini bercerita soal ayahnya bukan dari sudut pandang seorang anak.

 ?? SWANDAJANI FOR JAWA POS ?? UNTUK PAPI: Lini Natalini (kanan) bersama Swandajani setelah peluncuran buku biografi Perjalanan Garis Tedja Soeminar pada Sabtu sore (16/5).
SWANDAJANI FOR JAWA POS UNTUK PAPI: Lini Natalini (kanan) bersama Swandajani setelah peluncuran buku biografi Perjalanan Garis Tedja Soeminar pada Sabtu sore (16/5).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia