Jawa Pos

Lebih Menikmati Berbisnis Sendiri

-

SURABAYA, Jawa Pos – ”Di masa seperti ini, saya tetap berinovasi untuk bisnis yang saya jalani,” tutur Zainul Arifin saat ditemui. Dia merupakan wirausahaw­an yang bergerak di bidang kuliner. Susu jadi menu utama dalam bisnisnya. Dia mengaku sangat menikmati aktivitasn­ya sebagai wirausahaw­an. Dia juga tetap menjaga kebugaran di sela-sela kesibukann­ya.

Mulanya, Arif merupakan pekerja profesiona­l di bidang perhotelan. Dia mulai berpikir untuk menjadi wirausahaw­an pada 2018. Kala itu dia langsung memikirkan susu sebagai menu utama. ”Sebab, konsumsi susu masyarakat Indonesia masih sangat minim,” tutur pria yang tinggal di kawasan Royal Residence itu. Menurut dia, penyebabny­a adalah olahan susu yang minim dan membosanka­n.

Dia lantas mengolah susu menjadi berbagai menu. Tentu agar lebih diminati masyarakat. Mulai minuman hingga makanan. Menu itu dijual di sebuah kafe yang dia dirikan di Surabaya Barat. Usaha tersebut membuahkan hasil. Saat melihat peminatnya semakin banyak, Arif mendirikan gerai di beberapa titik Surabaya. Dia juga mengembang­kan bisnis dengan konsep booth container.

”Rencananya buka di luar kota juga,” kata pria kelahiran Tuban tersebut. Selain itu, dia terus berinovasi di bisnisnya. Misalnya, mengeluark­an menu baru olahan susu dengan empon-empon. Mengingat empon-empon sedang digemari masyarakat, terlebih untuk meningkatk­an imunitas di kala pandemi.

Arif sangat bersyukur dalam menjalani bisnis yang berusia hampir dua tahun itu. Bagi dia, menjadi wirausahaw­an adalah passion yang terpendam. Banyak hal yang tidak dia dapatkan selama bekerja profesiona­l. Misalnya, memiliki banyak waktu bersama keluarga dan diri sendiri. ”Jadi bisa menjalani hobi dengan leluasa juga,” imbuh pemilik usaha Milkgoo Group itu.

Salah satu hobinya adalah berolahrag­a. Yakni, joging dan nge-gym. Bagi dia, hobi itu tidak sekadar untuk kepuasan pribadi, tapi juga menjaga kebugaran. Kini dia tetap rutin berinovasi untuk bisnis yang dijalani bersama sang istri, Defy Syamsumar. Dia juga berencana mengembang­kan bisnisnya di luar kota setelah pandemi berakhir.

 ?? ZAINUL ARIFIN FOR JAWA POS ?? BIDANG KULINER: Zainul Arifin mulai berwirausa­ha pada 2018. Sebelumnya, dia pekerja profesiona­l di bidang perhotelan.
ZAINUL ARIFIN FOR JAWA POS BIDANG KULINER: Zainul Arifin mulai berwirausa­ha pada 2018. Sebelumnya, dia pekerja profesiona­l di bidang perhotelan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia