Jawa Pos

Air Jordan Pertama Laku Rp 8,3 M

-

CHICAGO, Jawa Pos – Memorabili­a legenda hidup NBA Michael Jordan tetap menjadi buruan kolektor dunia. Sepatu Air Jordan edisi perdana yang dipakai pemain bernomor punggung 23 di musim rookie-nya bersama Chicago Bulls pada 1985 itu kemarin terjual dengan harga fantastis, Rp 8,3 miliar. Angka tersebut sekaligus memecahkan rekor penjualan sneaker dalam sejarah lelang Sotheby’s.

Menurut laporan Reuters, Air Jordan 1 tersebut dirancang pada 1985. Seperti semua sepatu yang pernah dirancang untuk Jordan, sepatu berwarna merah, putih, dengan kombinasi hitam sesuai warna kebesaran Chicago Bulls itu berukuran berbeda meski sepasang. Yang kanan berukuran 13,5, sedangkan yang kiri 13.

Sepatu itu sebelumnya merupakan koleksi Jordan Geller. Dia adalah pemilik museum sneaker Shoezeum di Las Vegas, Amerika Serikat. Geller menyebut memilikiny­a sejak 2012. Selama berada di museum miliknya, sepatu tersebut bagai artefak permata yang selalu sukses membuat para pengunjung takjub. ’’Orang-orang datang, melihat, dan bahkan berdoa di hadapannya,’’ ucap Geller kepada Fox Business.

Sepatu pertama yang ditandatan­gani Jordan itu akhirnya dilepas dengan harga USD 560 ribu (Rp 8,3 miliar). Jauh melampaui prediksi awal yang hanya USD 100 ribu (Rp 1,48 miliar) sampai USD 150 ribu (Rp 2,23 miliar). Angka tersebut langsung memecahkan rekor lelang sneakers dalam sejarah Sotheby’s.

Ada 10 penawar yang bersaing demi mendapatka­n sepatu tersebut. ’’Dalam perang penawaran secara daring tersebut, nilai sepatu itu melonjak hingga USD 300 ribu dalam 20 menit terakhir sebelum penawaran lelang ditutup,’’ bunyi keterangan resmi yang dirilis rumah lelang yang bermarkas di New York tersebut. Para penawar berada di enam negara dari empat benua.

Sotheby’s sebenarnya merupakan rumah lelang yang lebih kerap menawarkam berbagai barang seni. Namun, mereka mulai mengadakan lelang sepatu sneaker tahun lalu. Saat itu langsung pecah nilai lelang sneaker tertinggi di dunia dengan harga USD 437.500 (Rp 6,48 miliar). Sepatu yang dilelang adalah Nike running edisi Moon Shoe tahun 1972. Rekor tersebut baru terpecahka­n kemarin dengan penjualan Air Jordan 1.

Awalnya, Geller mengaku tidak pernah berpikir untuk menjual salah satu koleksi favoritnya itu. Tapi, seiring dirilisnya film serial dokumenter

The Last Dance, dia melihat peluang besar bahwa kolektor-kolektor dunia bakal berburu lagi aneka memorabili­a Jordan. The Last Dance adalah serial dokumenter berdurasi 10 episode yang menceritak­an perjalanan karir Michael Jordan bersama Chicago Bulls. ’’Aku rasa ini memang saat yang tepat untuk melepasnya,’’ ucap Geller. Lelang tersebut juga dilakukan untuk memperinga­ti ulang tahun ke-35 brand Air Jordan.

 ??  ??
 ?? NBA SOTHEBY’S ?? SELANGIT: Sepatu Air Jordan 1 dengan tanda tangan pada sisi sebelah kanan laku Rp 8,3 miliar. Foto atas, Michael Jordan saat musim debutnya bersama Chicago Bulls.
NBA SOTHEBY’S SELANGIT: Sepatu Air Jordan 1 dengan tanda tangan pada sisi sebelah kanan laku Rp 8,3 miliar. Foto atas, Michael Jordan saat musim debutnya bersama Chicago Bulls.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia