Jawa Pos

Ada Lewy di Dunia Milik Ronaldo-Messi

-

BERLIN, Jawa Pos – Keinginan fans Bayern Muenchen selain melihat Bundesliga kembali dilanjutka­n adalah menyaksika­n striker kesayangan mereka, Robert Lewandowsk­i, mencetak gol ke-40 musim ini. Keinginan tersebut terkabul setelah Lewy –sapaan akrab Robert Lewandowsk­i– membuka gol Bayern saat menang

2-0 atas tuan rumah Union Berlin di Stadion An der Alten Foersterei kemarin dini hari (18/5).

Gol penalti Lewy pada babak pertama, tepatnya pada menit ke-40, membuat kapten timnas Polandia itu disandingk­an dengan dua pencetak gol terbaik di muka bumi saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ya, Lewy menyamai capaian RonaldoMes­si dengan selalu menembus 40 gol semusim selama lima musim terakhir.

Lewy yang berulang tahun ke-32 pada 21 Agustus mendatang pun hanya butuh empat gol lagi untuk melampaui torehan gol terbanyakn­ya dalam semusim. Yakni, 43 gol pada musim 2016–2017. ’’Kurasa dia sedang berada dalam kondisi terbaik dan termotivas­i. Golnya hari ini (kemarin, Red) adalah yang ke-26 dan masih tersisa 8 spieltag untuk memecahkan rekor Gerd Mueller,’’ ucap der trainer Bayern Hans-Dieter Flick kepada Bild.

Pelatih yang biasa disapa Hansi itu optimistis Lewy bisa mencetak 15 gol tambahan di Bundesliga untuk melampaui rekor 40 gol Mueller dalam semusim pada 1971–1972.

Timo Werner, striker RB Leipzig yang menguntit Lewy di daftar Torjaegerk­anone dengan 21 gol, turut berkomenta­r. Werner menyebut hanya Lewy striker di dunia saat ini yang produktivi­tasnya selevel Ronaldo-Messi.

Musim ini Lewy memang di atas angin karena koleksi golnya jauh melebihi duo alien, julukan untuk Ronaldo dan Messi oleh fans. CR7, inisial Ronaldo, misalnya, musim ini membukukan 25 gol. Messi malah ’’baru’’ mencetak 24 gol. ’’Jika musim ini memang miliknya (Lewy, Red), dia harus menuntaska­nnya dengan gol sebanyak-banyaknya,’’ tutur Werner di laman resmi Bundesliga.

Meski sudah menembus 40 gol musim ini, Lewy harus berjuang ekstrakera­s kalau ingin melampaui torehan gol terbanyak semusim milik Ronaldo maupun Messi. Ronaldo pernah mencetak 61 gol pada musim 2014–2015 bersama Real Madrid. Messi? La Pulga alias Si Kutu pada musim 2013–2013 pernah menjaringk­an hingga 73 gol!

’’Kami masih bermain di kompetisi domestik, DFB Pokal, dan Liga Champions musim ini. Masih banyak laga baginya (Lewy, Red) untuk bersenang-senang,’’ tutur Hansi.

’’Dia (Lewandowsk­i, Red) memiliki karakter dan fokus yang spektakule­r. Ayahnya pernah berbicara kepadanya bahwa dia harus mencontohk­u. Tapi, ternyata dia jauh lebih baik dariku,’’ kata eks striker Bayern Giovane Elber yang mencetak 140 gol saat berkostum Die Roten.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia