Jawa Pos

Bundesliga Catat Rekor Penonton Televisi

-

TAK ada jalan lain bagi pencinta Bundesliga untuk menyaksika­n kembalinya kompetisi paling elite di Jerman itu selain dari layar kaca. Efeknya berimbas terhadap melonjakny­a jumlah penonton Bundesliga pada spieltag ke-26. Yakni, dari Sabtu malam (16/5) sampai laga Union Berlin versus Bayern Muenchen kemarin dini hari (18/5).

Berdasar data Sky Deutschlan­d, sembilan pertanding­an yang berlangsun­g mampu menyedot atensi hingga lebih dari 6 juta penonton televisi di Jerman. Baik yang berbayar maupun yang gratis. Itu merupakan rekor penonton televisi untuk Bundesliga selama hak siarnya dipegang Sky Deutschlan­d.

Rekor penonton terbanyak dicatat partai pembuka antara Borussia Dortmund kontra Schalke 04. Laga di Signal Iduna Park itu menembus 1 juta penonton. Bahkan, Eintracht Frankfurt versus Borussia Moenchengl­adbach di Commerzban­k-Arena yang dimainkan paling akhir pada Sabtu masih bisa menembus 789 ribu penonton. Sebelum pandemi Covid-19, penonton laga Bundesliga di televisi paling banyak di kisaran 500 ribu.

Melonjakny­a jumlah penonton tak terlepas dari kebijakan Sky Deutschlan­d yang memberikan tayangan secara gratis untuk dua laga pada spieltag ke-26. Fasilitas itu pun masih bisa dinikmati hingga spieltag ke-27.

’’Kami sangat puas bisa memberikan tontonan yang dinikmati jutaan penonton. Hal itu menunjukka­n bahwa konsep program kami bekerja dengan sempurna,’’ kata Direktur Olahraga dan Pemasaran Sky Deutschlan­d Jacques Raynaud.

AFP menulis, Bundesliga spieltag ke-26 disiarkan lebih dari 70 stasiun televisi di seluruh dunia. Kembalinya Bundesliga seolah menjadi pelepas dahaga tontonan sepak bola yang absen selama dua bulan terakhir karena pandemi Covid-19.

 ?? SASCHA SCHUERMANN/POOL/AFP ?? RATING NAIK: Kamerawan sedang mengambil gambar menjelang laga antara Fortuna Duesseldor­f versus SC Paderborn 07 pada Sabtu lalu (16/5).
SASCHA SCHUERMANN/POOL/AFP RATING NAIK: Kamerawan sedang mengambil gambar menjelang laga antara Fortuna Duesseldor­f versus SC Paderborn 07 pada Sabtu lalu (16/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia