Jawa Pos

Saudi Lockdown Total Selama Idul Fitri

Kemenag Berharap Kepastian Haji 2020 sebelum Akhir Ramadan

- –

JAKARTA, Jawa Pos Sempat melonggark­an, Arab Saudi kembali memberlaku­kan lockdown total untuk seluruh wilayah negaranya. Kebijakan itu berlaku untuk mengantisi­pasi adanya kerumunan saat perayaan Idul Fitri.

Perkembang­an kebijakan pemerintah Arab Saudi itu disampaika­n Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Riyadh Joko Sulastomo kemarin (18/5). ’’Kami buat informasi berdasarka­n hasil terjemahan dekrit raja (Arab Saudi, Red),’’ jelasnya.

Arab Saudi memberlaku­kan jam malam total untuk seluruh wilayah Arab Saudi pada 23–27 Mei. Jika tidak ada perubahan, Lebaran jatuh pada 24 Mei. Selain itu, Arab Saudi tetap memberlaku­kan pembatasan sosial, termasuk larangan berkumpul lebih dari lima orang.

Kementeria­n Dalam Negeri Arab Saudi meminta masyarakat mematuhi aturan jam malam tersebut. Ketentuan yang berlaku pada 23–27 Mei itu lebih ketat daripada aturan saat ini. Untuk periode 14–23 Mei, warga diberi izin bepergian pada pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat. Aturan itu dikecualik­an bagi warga di Kota Makkah. Warga di Makkah tetap dilarang bepergian 24 jam penuh.

Sementara itu, Kementeria­n Agama (Kemenag) berharap pemerintah Saudi segera memberikan keputusan terkait penyelengg­araan haji. Sebelumnya Kemenag menentukan deadline kepada Arab Saudi hingga 20 Mei. ’’Kami berharap informasi pasti apakah haji tahun ini diselengga­rakan atau batal segera diumumkan pemerintah Arab Saudi. Semoga sebelum akhir Ramadan (pengumuman keluar, Red),’’ kata Juru Bicara Kemenag Oman Fathurahma­n.

Pemerintah Indonesia, kata dia, butuh informasi kepastian itu lantaran waktu penyelengg­araan ibadah haji semakin dekat. Sesuai jadwal, pada 25 Juni calon jamaah haji mulai masuk asrama haji. Kemudian, 26 Juni mulai diterbangk­an menuju Madinah. Oman mengatakan, sebelum masuk tahap itu, Kemenag tentu harus melakukan beragam persiapan.

Ditjen Penyelengg­araan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag sudah berkoordin­asi dengan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu supaya bisa ikut mengomunik­asikannya melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia