Jawa Pos

Hari Ini Pasar Simo Buka Kembali

Pedagang Mulai Menata Lapak, Kecamatan Beri Pengarahan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mempercepa­t pembukaan Pasar Simo, Kecamatan Sukomanung­gal, dari waktu yang ditentukan sebelumnya. Yakni, Kamis, 21 Mei. Pasar yang ditutup sementara sejak 7 Mei tersebut direncanak­an buka hari ini (19/5).

Dari pantauan Jawa Pos kemarin (18/5), pada pukul 13.26 banner yang memuat informasi penutupan pasar masih terpasang. Namun, kursi yang sebelumnya diletakkan di ujung jalan masuk pasar sebagai penghalang kemarin tidak ada.

Kemudian, pukul 15.25, garis kuning dilarang melintas yang melintang di kios-kios Pasar Simo dibuka Satpol PP Kecamatan Sukomanung­gal. Aktivitas itu mengundang perhatian warga sekitar yang memperhati­kan dari jarak jauh.

Setelah garis pembatas dibuka, tampak seorang pedagang memasukkan barang ke kiosnya. ’’Saya awalnya malah dengar bahwa pasar boleh buka itu hari ini (kemarin, Red). Ternyata, dikabari teman yang juga pedagang, belum boleh. Ditunda besok (19/5, Red),” tutur Sulikha, pedagang ikan asin di Pasar Simo.

Sulikha mendapat kejelasan bahwa pasar benar-benar boleh buka pada Selasa (19/5) melalui pesan instan. Pesan tersebut diterimany­a kemarin siang. ’’Saya nggak tahu siapa namanya. Pokoknya dari Kecamatan Sukomanung­gal,” tambahnya.

Dia mengusung beberapa barang dagangan, mulai terasi hingga ikan asin, ke lapaknya. Tampak kardus berisi beragam jenis ikan asin dan rempah diambilnya dari dalam kardus. Satu per satu barang dagangan itu ditata di meja lapak. ’’Ini saya kunci kalau saya tinggal nanti. Besok (Selasa, 19/5, Red) tinggal buka lapak saja,” terangnya.

Pada 7 Mei, Pasar Simo disegel pemkot setelah ditemukan pedagang ayam potong meninggal dengan status positif Covid-19. Penutupan pasar tertuang dalam surat edaran bernomor SU-950/01/V/2020 yang dikeluarka­n PD Pasar Surya.

Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Muhammad Taufiqurra­hman memastikan, seluruh aktivitas pedagang dan pembeli di pasar akan dipantau. Semua kegiatan harus menerapkan protokol keselamata­n Covid-19. Tanpa terkecuali. ’’Seluruh pedagang sudah diberi informasi terkait pembukaan ini,” tuturnya.

Taufik menambahka­n, yang dibuka bukan hanya Pasar Simo, melainkan juga Pasar Simo Gunung. Penerapan protokol keselamata­n juga wajib diterapkan pedagang dan pembeli di Pasar Simo Gunung. PD Pasar Surya mencatat ada 189 pedagang di Pasar Simo. Sementara itu, di Pasar Simo Gunung terdapat 102 pedagang.

Camat Sukomanung­gal La Koli mengatakan, pedagang Pasar Simo akan dikumpulka­n di kantor kecamatan pada Selasa pagi. Dia menyebutka­n, pihaknya meminta kepada seluruh pedagang untuk kooperatif dalam hal memutus mata rantai persebaran Covid19 di area pasar.

La Koli berencana menambah wastafel untuk cuci tangan. Ditanya berapa wastafel yang akan ditambah, dia belum bisa menyebutka­n. La Koli mengatakan, pihaknya mengkaji terlebih dahulu di titik mana saja wastafel bakal dipasang. ’’Sementara ini ada satu wastafel saja di pasar. Saya rasa kurang ya,” ujarnya.

 ?? DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS ?? TETAP PATUHI PROTOKOL: Satpol PP didampingi petugas Kecamatan Sukomanung­gal membuka garis pembatas di Pasar Simo.
DIMAS NUR APRIYANTO/ JAWA POS TETAP PATUHI PROTOKOL: Satpol PP didampingi petugas Kecamatan Sukomanung­gal membuka garis pembatas di Pasar Simo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia