Jawa Pos

Kapal Gili Iyang Menyusul Stop Operasi

-

AKHIRNYA bukan hanya kapal penumpang cepat dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean yang diberhenti­kan. Kapal barang dan logistik Gili Iyang pun terpaksa dilarang berlayar. Kebijakan itu diambil setelah sejumlah calon penumpang dinyatakan reaktif berdasar hasil rapid test.

Menurut Kabid Angkutan Dinas Perhubunga­n (Dishub) Gresik Muhammad Amri, pengoperas­ian kapal Gili Iyang memang dihentikan menyusul kapal cepat Express Bahari dan Natuna Express yang distop beroperasi lebih dulu. ”Penghentia­n sampai batas waktu yang belum ditentukan,” ujarnya kemarin.

Amri menjelaska­n, keputusan itu diambil setelah Sabtu dan Minggu lalu dilakukan rapid test kepada 53 calon penumpang. Dari jumlah itu, 19 orang dinyatakan reaktif. Itu pun belum semua di-rapid test. ”Hari ini (kemarin, Red) dilanjutka­n rapid test,” ucapnya.

Karena itu, tim gugus tugas Covid-19 Gresik memutuskan untuk menghentik­an pengoperas­ian kapal logistik tersebut. Kebijakan itu juga mempertimb­angkan permintaan warga Bawean. Warga khawatir, apabila kapal tetap berangkat, tentu ada risiko. Sejauh ini, Pulau Bawean masih hijau atau belum termasuk zona merah. ”Kalau kapal tetap diberangka­tkan, pasti banyak warga yang berusaha menumpang. Akhirnya diputuskan berhenti operasi,” imbuhnya.

Lantas, bagaimana pasokan sembako ke Bawean? Amri menyatakan, pengiriman logistik ke Bawean bisa tetap berjalan dengan menggunaka­n kapal atau perahu barang. ”Ini kan mendekati Lebaran. Khawatirny­a, ada peningkata­n orang yang memaksa mudik,” imbuhnya.

Pantauan Jawa Pos kemarin siang, sejumlah warga Bawean mengantre di Puskesmas AlunAlun. Mereka menunggu untuk di-rapid test. Namun, ketika dimintai konfirmasi terkait dengan hal itu, Kepala Puskesmas Alun-Alun dr Anisa mengaku tidak tahu. ”Kurang tahu. Saya belum dapat informasin­ya,” katanya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? MAU MUDIK?: Puluhan warga asal Pulau Bawean antre rapid test di Puskesmas Alun-Alun Gresik kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS MAU MUDIK?: Puluhan warga asal Pulau Bawean antre rapid test di Puskesmas Alun-Alun Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia