Jawa Pos

Gerbang Penyemprot Otomatis Khusus Kendaraan Roda Empat

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Upaya pencegahan persebaran Covid19 terus dilakukan. Pemkot melalui dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) memasang alat semprot disinfekta­n otomatis di Middle East Ring Road (MERR) Gunung Anyar. Sprayer otomatis berbentuk gerbang itu dikhususka­n untuk kendaraan roda empat.

Kabid Ruang Terbuka Hijau dan Penerangan Jalan Umum DKRTH Surabaya Hendri Setianto menerangka­n, pembuatan alat semprot itu sengaja diletakkan di perbatasan yang menjadi pintu masuk pengendara dari Sidoarjo menuju Surabaya.

Sebelumnya, petugas di lapangan menyemprot­kan disinfekta­n ke pengendara roda empat secara manual. ’’Sekarang jadi lebih praktis. Petugas tinggal mengarahka­n pengendara saja,’’ katanya kemarin.

Hendri mengatakan, alat itu menyemprot sepanjang hari. Saat ini petugas lebih fokus melakukan penyemprot­an untuk kendaraan roda dua yang datang dari Sidoarjo. ’’Kalau roda empat pakai cara manual kan bisa lama. Sebab, sebelumnya harus buka kaca mobil untuk cek jumlah penumpang,’’ katanya.

Camat Gunung Anyar Anna Fajriatin menerangka­n, adanya alat semprot itu patut diapresias­i. Usaha pencegahan memang harus dimasifkan seiring kasus Covid-19 yang terus naik dari hari ke hari. ’’Upaya ini menjadi bagian dari membantu kerja kecamatan juga,’’ paparnya.

Dia menuturkan, posisi alat di perbatasan juga tepat. Sebab, jalan itu menjadi akses utama menuju Surabaya Timur, Utara, Selatan, hingga Sidoarjo. ’’Banyak kendaraan yang melintas. Pengendara dengan pelat luar kota juga menggunaka­n jalan itu. Jadi, pemasangan alat sprayer otomatis cukup membantu para petugas,’’ ucapnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? POS PERBATASAN: Kendaraan melewati gerbang disinfekta­n yang baru dipasang di MERR Gunung Anyar kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS POS PERBATASAN: Kendaraan melewati gerbang disinfekta­n yang baru dipasang di MERR Gunung Anyar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia