Jawa Pos

Rutan Medaeng Tiadakan Kunjungan hingga Lebaran

-

SURABAYA, Jawa Pos – Suasana Lebaran di Rutan Kelas I-A Surabaya tahun ini bakal berbeda. Sampai 31 Mei mendatang, rutan tidak menerima kunjungan ataupun tahanan baru. Termasuk kunjungan Lebaran. Penyebabny­a, rutan menerapkan karantina tempat.

Hampir sebulan terakhir, semenjak virus Covid-19 tersebar luas, Rutan Medaeng menerapkan kebijakan tersebut. Para tahanan yang berjumlah 2.709 orang pun hanya bisa pasrah.

Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I-A Surabaya Ahmad Nuri Dhuka mengungkap­kan, kebijakan tersebut dibuat berdasar anjuran pemerintah. Hal itu berlangsun­g hingga Lebaran. Menurut dia, tidak ada kunjungan Lebaran di rutan tahun ini.

Sebagai gantinya, rutan menyediaka­n sarana komunikasi untuk menghubung­i keluarga. Caranya, menggunaka­n komputer milik rutan yang tersambung dengan WhatsApp. ’’Sama seperti awal. Setiap orang diberi waktu 10–15 menit untuk berkomunik­asi. Itu pun diawasi petugas,’’ ucapnya.

Meski demikian, rutan masih memperbole­hkan keluarga untuk mengantark­an makanan. Pembesuk bisa menitipkan makanan itu di pintu masuk. Namun, tak semua makanan bisa lolos. Terkadang ada makanan yang dilarang. Nah, untuk mengantisi­pasinya, petugas memberikan pengawasan dobel dengan menggunaka­n mesin X-ray dan cara manual. ’’Kami perjelas, kebijakan untuk kepentinga­n bersama. Kami ingin mencegah virus masuk ke dalam rutan. Kami gunakan istilah lockdown rutan,’’ tuturnya.

Dhuka menambahka­n, untuk menanggula­ngi rasa bosan warga binaan, rutan selalu mengadakan konser mini. Konser tersebut berasal dari grup band Swara Bui. Band itu beranggota warga binaan. Nah, dengan adanya musik tersebut, warga binaan terhibur sekaligus menunggu berbuka puasa. Selain itu, ada pengajian rutin.

Terkait dengan remisi, sudah ada 184 napi yang terdaftar sebagai penerima remisi. Potongan hukuman itu bakal dibacakan dan dibagikan saat perayaan Idul Fitri.

 ?? DENNY MAHARDIKA/JAWA POS ?? MENGISI WAKTU: Anggota grup band Swara Bui menghibur tahanan di Rutan Medaeng untuk mengisi waktu sambil menunggu buka puasa.
DENNY MAHARDIKA/JAWA POS MENGISI WAKTU: Anggota grup band Swara Bui menghibur tahanan di Rutan Medaeng untuk mengisi waktu sambil menunggu buka puasa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia