Jawa Pos

Kasus Fyre Festival, Kendall Setuju Bayar Rp 1,3 M

- LOS ANGELES,

Jawa Pos – Masih ingat Fyre Festival yang menghebohk­an tiga tahun lalu? Ternyata, festival musik mewah yang diadakan guna mempromosi­kan aplikasi untuk booking music talent Fyre itu adalah penipuan.

Masalahnya, pihak Fyre Media Inc selaku penyelengg­ara membayar pesohor-pesohor Hollywood untuk mempromosi­kan acara mereka. Kendall Jenner, 24, salah satunya. Dia ikut dituntut atas kasus tersebut.

Jenner setuju membayar USD 90 ribu (Rp 1,3 miliar). Namun, hakim belum memutuskan untuk menerima pembayaran itu.

Hal tersebut merupakan buntut dari tuntutan Gregory Messer di U.S. Bankruptcy Court. Dia meminta pemulihan uang yang telah di bayarkan kepada agens i, artis, vendor, dan lain-lain yang terlibat dalam p em asar andan kegagalan pelaksanaa­n Fyre Festival.

Jenner diklaim menerima bayaran USD 275 ribu (Rp 4 miliar) untuk mempromosi­kan Fyre Festival lewat akun Instagram-nya. ’’Senang mengumumka­n G.O.O.D Music Family sebagai headliner pertama untuk @fyrefestiv­al. Gunakan kode promosiku, KJONFYRE, selama 24 jam ke depan guna mendapatka­n daftar artis dan talent untuk afterparty Fyre Cay,’’ tulisnya dalam posting-an Instagram kala itu. Unggah anter sebut seakan menjanjika­n bahwa G.O.O.D Music Family, label rekam anyang dimiliki Kanye West, akan tampil. Di sisi lain, berdasar dokumen di pengadilan, Jennerti dak menunjukka­n kepada publik bahwa dirinya dibayar untuk mempromosi­kan festival itu. Karena itu, jutaan pengikutny­a di Instagram percaya bahwa festival tersebut bakal luar biasa. Diadakan di pulau pribadi yang eksotis di Kepulauan Bahama dengan performer luar biasa. Plus, iklan yang menampilka­n sekelompok model seperti Bella Ha d id, Hailey Bieber, dan Emily Rataj kowski semakin meyakinkan calon penonton. Tiket yang dijual mulai USD 500 sampai USD 12 ribu (Rp 7,4 juta– Rp 176,7 juta) ludes. Namun, pada hari H (28–30 April 2017 dan 5–7 Mei 2017), para penonton mendapat fasilitas yang sangat jauh dari ekspektasi. Bahkan, penonton yang dijanjikan mendapat makanan kelas satu hanya menerima sepotong roti keju dalam wadah styrofoam. Kini, founder Fyre Festival Billy McFarland harus mendekam di penjara selama enam tahun setelah mengaku bersalah atas tuduhan penipuan.

Kenali Empat Tipe Belajar Anak

 ?? P A F V I
G E S
R D / G E T T Y I M A ??
P A F V I G E S R D / G E T T Y I M A

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia