Jawa Pos

Kasus Positif Naik, Kesadaran Turun

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah pasien positif coronaviru­s disease (Covid-19) di Jatim terus bertambah. Bahkan, kemarin lonjakan tambahan penyandang virus korona begitu drastis. Mencapai 502 pasien.

Namun, di tengah persebaran yang cukup masif, ada yang masih ironis. Tingkat kepatuhan publik di berbagai daerah di Jatim terhadap protokol pencegahan Covid-19 cenderung menurun. Terutama menjelang memasuki masa Lebaran.

Situasi ini membuat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jatim Khofifah Indar Parawansa begitu resah. Dia meminta agar pemangku kebijakan di kabupaten/kota untuk lebih ketat dalam menerapkan social maupun physical distancing. ”Standar protokol pencegahan virus harus ditegakkan,” katanya kemarin.

Jelang memasuki Lebaran, kesadaran warga untuk mematuhi social-physical distancing memang terlihat menurun. Perilaku itu juga dilakukan pasien yang terindikas­i terjangkit virus.

Yang cukup kasatmata adalah penumpukan massa di pusat-pusat keramaian maupun area publik. Salah satunya adalah saat pembagian bantuan sosial di sejumlah kantor. Misalnya, di Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, ratusan warga penerima bantuan mengantre untuk mendapat giliran.

Situasi sama terjadi di Ponorogo. Bahkan, sejumlah ruas jalan di wilayah pusat kota di kabupaten itu kembali ditutup. ”Ini untuk menyikapi bertambahn­ya aktivitas masyarakat jelang Lebaran,’’ kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Ponorogo Iptu Agus Syaiful Bahri.

Kepala Dinas Perhubunga­n Ponorogo Djunaedi mengatakan, penutupan ruas jalan berlaku sementara waktu. Namun, tidak tertutup kemungkina­n diperpanja­ng jika aktivitas masyarakat masih padat dan tidak mengindahk­an physical distancing. ”Dievaluasi perkembang­annya’’ tuturnya.

Demikian juga di Kota Mojokerto. Kapolresta

Mojokerto AKBP Bogiek Sugiyarto menegaskan, setiap hari sebenarnya sudah dilakukan imbauan oleh petugas untuk menerapkan protokol kesehatan. ’’Tak henti-hentinya kami mengimbau untuk melakukan ,’ ungkapnya. physical distancing

Di wilayah Banyu wangi, kep a data n juga terlihat di pusat-pusat keramaian. Terutama pasartradi­sional. Situasi sama terjadi di berbagai daerah lainnya.

Rendahnya kesadaran juga terjadi pada mereka yang terindikas­i ter jangkit Covid -19. Misalnya di Jombang. Satu di antara tiga pedagang Pasar Ploso yang hasil rapid test-nya reaktif ternyata tak mengindahk­an saran petugas. Berdasar video yang beredar, dia tetap berjualan meski ada petugas yang tiba di lokasi dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. ’’Akhirnya petugas datang ke sana. Kami sampaikan apakah mau pulang sendiri atau dijemput polisi. Akhirnya pulang sendiri,’’ kata Camat Ploso Suwignyo.

 ?? AJI PUTRA/JAWA POS RADAR PONOROGO ?? SEMENTARA: Ruas Jalan Suromenggo­lo dan Jalan SoekarnoHa­tta, Ponorogo, ditutup menjelang Idul Fitri kemarin (21/5).
AJI PUTRA/JAWA POS RADAR PONOROGO SEMENTARA: Ruas Jalan Suromenggo­lo dan Jalan SoekarnoHa­tta, Ponorogo, ditutup menjelang Idul Fitri kemarin (21/5).
 ?? IWAN ANDRIK/JAWA POS RADAR BROMO ?? KECEWA: Henry Sulfianto, relawan Covid-19 asal Bangil, menggelar aksi demo tunggal untuk menyoroti rendahnya kesadaran warga dalam mematuhi protokol.
IWAN ANDRIK/JAWA POS RADAR BROMO KECEWA: Henry Sulfianto, relawan Covid-19 asal Bangil, menggelar aksi demo tunggal untuk menyoroti rendahnya kesadaran warga dalam mematuhi protokol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia